25 Anime Tahun 90-an Yang Melekat di Hati

I am anime freak.

Tidak tahu sejak kapan suka sama anime. Yang jelas, dari TK, alm. bapa sudah membelikan video-video anime Jepang * Kayanya jaman dulu beliau beli di daerah glodok deh * Itupun, masi jaman pake VCR, belom ada yang namanya CD, VCD, apalagi DVD. Entah apa yang ada di pikiran beliau hingga men’cekoki’ anak-anaknya dengan kultur berbau Jepang  *Apa mungkin karena beliau kerja di pabrik textil yang notabene pemiliknya orang Jepang? bisa jadi *

Bagi saya dan saudara laki-laki saya, tontonan anime ini menjadi sesuatu yang baru. Maklum, saat itu kartun yang saya tahu masih keluaran dunia barat alias Amerika. Jadilah, saya takjub bin kagum mendapat tontonan baru. Apalagi kalau di video, suaranya kan tidak di dubbing, berbeda dengan anime yang ditayangkan di TV.

Nah, belum lama ini, saya mengepack barang-barang demi kepentingan pindah rumah  * sebenarnya karena kebanjiran juga sih * Tidak disangka, saya menemukan beberapa poster, gambar, dan manga yang bisa dibilang sudah jadul. Contohnya aja Saint Seiya, magic knight rayearth, dan sailor moon. Kontan ingatan saya mundur bertahun-tahun ke belakang.

Bagaikan film yang di rewind, teringatlah saya dengan anime yang mengisi masa kanak-kanak saya. 25 anime berhasil saya ingat meskipun samar-samar.

1. Doraemon

Doraemon, salah satu anime yang tidak ada matinya alias everlasting anime. Bayangkan, sejak saya masih anak-anak hingga sekarang, anime ini masih ditayangkan dan terkenal di hampir seluruh negara di dunia. Siapa coba yang tidak kenal sosok Doraemon, Nobita, Shizuka, Giant dan Suneo. Sampai-sampai segala macam pernak-pernik bertema Doraemon laku keras dan menjamur di pasaran. Hebatnya lagi, Nobita bisa dibilang sangat awet muda, atau malah imortal kali ya. Dari dulu ampe sekarang, masih aja jadi anak SD, tidak bertambah tua.

Tappi, ternyata, Nobita dkk akhirnya bertambah umurnya. Tiba-tiba saja mereka berusia 30 thaun. bahkan Doraemon menjadi kurus… Jangan kaget, Toyota menggunakan sosok Doraemon dkk sebagai tokoh yang mengiklankan Toyota reborn.

Oh iya, yang paling saya ingat dari Doraemon adalah baling-baling bambu dan kantong ajaibnya. Original soundtracknya pun sangat mengena di hati penontonya. Saya pribadi suka dengan OST versi Jepang dan Indonesianya. “aku ingin ke sini, aku ingin ke sana. Ingin ini ingin itu banyak sekali… hey… baling baling bambuuu…” kira-kira itulah sepenggal lirik lagunya.

OST Doraemon Versi Bahasa

OST Doraemon Versi Jepang

2. Saint Seiya

Saint Seiya. Pertama kali ditayangkan di RCTI dan sekejap mata langsung booming. Aihhh, dulu, saint Seiya ini anime paling keren yang pernah saya tonton. Saya kagum sekali dengan kostum alias armor yang dikenakan para prajurit zodiak ini. Ditambah lagi, ada 5 ksatria  yang bagi anak kecil seperti saya kelihatan tampan sekali. Setiap dari mereka memiliki keahlian dan daya tarik masing-masing,. Mereka adalah prajurit yang  tugasnya melindungi putri Saori yang katanya reinkarnasi Dewi Athena. Kelima prajurit ini memiliki armor yang berbeda, sesuai dengan zodiak atau rasi bintang yang ada. Ada hyoga, ikki, seiya, sun, dan shiryu,

Original soundtrack anime ini juga bisa dibilang sangat terkenal. Sekali saja mendengarnya, pasti akan teringat kembali kisah tentang Seiya dkk.

Make Up – Pegasus Fantasy

3. Shulato (Shurato)

Serial anime yang satu ini juga tidak kalah keren. tayang di Indosiar dan mengisahkan tentang perjuangan shulato si Raja Shula. Shulato ini sebenarnya ahli bela diri yang diteleport ke dunia penuh fantasy. Shulato ini dulu sangat booming, seperti halnya saint Seiya. Yang paling saya ingat dari anime ini adalah mantra khas Shulato yang diucapkan setiap kali ia mau berubah menjadi raja shula. Kalau tidak salah, ” Naumaksan  manda bodanan. Abirongken soaka shula mahaken. Shulato… raja Shula!”

Hiroya Watanabe – Shining Soul and Sabaku No meizu

4. Sailor Moon

Ini dia versi Live actionnya

Kyaaaa… Kalau serial anime yang ini adalah favorit saya. Bisa dibilang, ini kali pertama saya benar-benar jatuh cinta sama Jepang. Kayanya sejak menonton anime ini saya jadi mulai tertarik dengan segala hal berbau khas Jepang. Maklum, apa karena saya perempuan ya, jadi lebih mengena dengan anime yang satu ini. Ditambah lagi ada sosok mamoru si tuxedo bertopeng yang gantengnya bukan main * di mata saya dulu *

Pertama kali nonton dari kaset video yang dibelikan alm. Bapa. Sejak itu, saya selalu menyisihkan uang tiap bulan hanya sekadar untuk membeli manga sailor moon, mulai dari yang tidak berwarna hingga manga versi berwarna. Keren banget pokoknya deh, pikir saya waktu itu.

Dengan kekuatan bulan, akan menghukummu!” itulah jargon si usagi ketika dia berubah menjadi sailor moon. Si clumsy usagi, yang sebenarnya adalah putri bulan bernama Serenity. Kisah sailor moon ini berlanjut hingga usagi dan mamoru dewasa dan mempunyai anak. Bahkan kalau tidak salah, serial ini akan dirilis lagi  * atau malah sudah ya * Pokoknya TOP abis.

Dali – Moonlight densetsu

Dali – Moonlight densetsu (versi Bahasa Indonesia)

5. Dragon Ball

Sun Goku. Sosok utama di anime Dragon Ball. Hampir semua generasi penyuka kartun atau anime pasti kenal dengan Sun Goku. Dragon Ball ini sangat booming bahkan hingga sekarang. Entah sudah berapa versi Dragon ball yang ditayangkan. Tapi, tidak seperti nobita yang pertumbuhannya sangaaaaaaaat lambat atau malah tidak sama-sekali, sosok Son Goku ini terus berkembang mulai dari anak-anak hingga dilanjutnya oleh anaknya Sun Goku, Sun Gohan namanya. Kisahnya lebih kurang mengenai Sun Goku dkk yang mencari, mengumpulkan dan melindungi 7 bola naga.

Karena kepopulerannya, tergodalah sineas film untuk menjadikan anime ini live action movie. Misalnya, Dragon Ball: The Magic Begins (Taiwan), Goku Fights Goku Wins (Korea), dan Dragon Ball Evolution (Amerika). Walaupun menurut saya pribadi, belum ada satupun yang memuaskan hati. Artinya, anime dan manganya jauuuuuuuuh lebih baik daripada versi live. Saya pikir, akan lebih baik kalau dragon ball dijadikan live tapi dalam bentuk kartun 3 dimensi atau dibuat lagi animenya dengan gambar dan effect yang lebih baik  * secara makin ke sini zaman makin canggih kan *

Yang paling saya ingat adalah soundtracknya. banyak sekali OST yang sampai sekarang masih diperdengarkan. Dulu juga ada permainan kartu (mirip Yu Gi OH) yang booming ketika dragon ball ini sedang panas-panasnya. BAhkan sampai sekarang saya masih menyimpan koleksi kartu dragon ball tersebut.

Hiroki Takahashi – Makafushigi Adventure

Hiroki Takahashi – Makafushigi Adventure (versi Bahasa Indonesia)

6. Magic Knight Rayearth

Anime ini mengisahkan tentang Hikaru, Umi dan Fuu. Mereka sebenarnya gadis biasa yang tiba-tiba dikejutkan oleh pernyataan master Clef bahwa mereka adalah kstaria legendaris magic rayearth. tugas mereka adalah menyelamatkan dunia Cefiro. Samar-samar ingat ceritanya, tapi banyak yang lupa sepertinya. Satu hal yang masih diingat adalah peran Zagato, si penjahat yang menginginkan kehancuran Cefiro.

Tamura Naomi – Yuzurenai Negai

Tamura Naomi – Yuzurenai Negai (versi bahasa Indonesia)

7. Ultraman

kalau yang ini sampai sekarang pun masih menjadi tontonan anak-anak. belum lama ini, saya senyum sendiri melihat salah satu murid saya menonton ultraman di youtube. Secara, saya juga menontonnya ketika masih anak-anak, meskipun dengan versi yang berbeda.

8. Candy-Candy

Candy…candy…candy…  * sing along * Di Indonesia, candy-candy ini bisa dibilang termasuk ke dalam serial cantik. Ceritanya pun sedikit romantis. Tokoh utama yang paling saya ingat adalah Candy dan Anthony. Candy ini anak yatim-piatu yang tinggal di panti asuhan di Amerika. Ia kemudian diadopsi dan merasakan berbagai pengalaman hidup. Sampai akhirnya, ia bertemu pangeran impiannya, Anthony.

Saking sukanya sama serial ini, sampai-sampai saya menonton sinetron yang ceritanya bagi saya sangat mirip dengan candy-candy. Bahkan bisa dibilang, diadaptasi atau terinspirasi candy-candy. Judulnya pun Candy dan ditayangkan di RCTI. Tokoh candy diperankan oleh Rachel Amanda sedangkan tokoh anthony diperankan oleh Lucky Perdana.

Mitsuko Horie – Candy candy (Opening)

Mitsuko Horie – Ashita ga suki (Ending)

Opening (versi bahasa indonesia)

Ending (versi bahasa indonesia)

9. Ikkyu San

Kalau bicara mengenai anime yang menginspirasi dan cocok sekali untuk anak-anak, Ikkyu san ini bisa menjadi pilihan. Ikkyu san meceritakan tentang petualangan seorang bocah benama Ikkyu yang menjadi biksu. Di Jepang, biksu Ikkyu ini sangat terkenal karena ia sangat cerdik dan bijaksana. Makanya, hingga saat ini, Ikkyu san masih banyak penggemar setianya.

Di Jepang sendiri, anime ini dibuat versi live actionnya. Kalau tidak salah, sekitar tahun 2012.

Aiuchi megumi – Tonchin Kanchin Ikkyuu-san (opening)

Hahauesama Ogenki desu ka – xxx

Aiuchi megumi – Tonchin Kanchin Ikkyuu-san (versi bahasa indonesia)

10. Voltus V

Voltus V. Kalau anak sekarang mungkin lebih kenal transformer atau power rangers. tapi dulu, saya lebih kenal Voltus V. Berkesan banget nontonnya, karena waktu itu kayanya canggih banget, dari berbagai bentuk kendaraan, bisa bersatu dan menjadi robot. Jadi inget, kemarin ketika packing juga menemukan mainan robot Voltus V milik adik saya ketika dia masih kecil.

Horie Mmitsuko – Voltus V (opening theme)

Aoi Akira and The Columbia Orchestra – Chi Chi Wo Motomete / I Want  father (ending theme)

11. Minky Momo

Si imut dan lucu Momo. Momo ini anak perempuan yang punya kekuatan magis untuk mengubah dirinya menjadi apapun juga. Ceritanya, ada sebuah negeri bernama Fenarinarsa di mana para peri tinggal. Tempat ini bisa terus ada karena manusia terus bermimpi. Tapi, lama-kelamaan banyak manusia yang berhenti bermimpi sehingga tempat ini diambang kehancuran. Saat itulah, Momo, putri negeri Fenarinarsa dikirim ke Bumi untuk membantu manusia agar tidak berhenti memiliki mimpi dan harapan. Nah, setiap kali Momo berhasil membantu seorang manusia mendapatkan kebahagian dan mimpinya, maka satu permata akan muncul di mahkota kerajaan Fenarinarsa. Kalau Momo berhasil memunculkan kembali 12 permata di mahkota tersebut, maka Momo akan kembali ke negerinya.

Mami Koyama – Love love Minky Momo (opening)

Love love Minky Momo (opening versi bahasa indonesia)

12. Magic Girls or Miracles Girls

Serial anime ini menceritakan tentang saudara kembar bernama Tomomi dan Mikage. Mereka memiliki kekuatan super untuk melawan kejahatan. Mudah ditebak, saudara kebar ini memiliki kepribadian yang berbeda. yang satu girly dan satunya lagi tomboy.

Garden – Kiss No Tochuu De Namida Ga (opening)

Dio – Futari Jana Ka Dame Na No (ending)

13. Born to Cook or Mr. Ajikko

Ini kali pertama saya menonton anime dengan tema yang sangat membumi alias bukan fantasy. Bagaimana tidak, anime ini menyuguhkan cerita tentang kehidupan koki, lebih kepada kompetisi koki sih. Tokoh utamanya kalo ga salah namanya Yoichi. Dia ini jenius dalam memasak.

Saya ingat, setiap kali saya menonton serial ini, saya akan kagum dan tertawa tanpa henti. Mengapa? karena tips dan trick memasak yang mereka tampilkan terkadang di luar imajinasi saya. Ditambah lagi dengan efek atau reaksi dari setiap orang yang mencicipi hasil makannya, bisa dibilang priceless, berlebihan (kalo sekarang mungkin dibilang Lebayyy kali ya). Misalnya aja nih ya, abis makan tiba-tiba mulutnya keluar sinar (tsahhhh) terus teriak ueeeenakkkk. ada juga yang abis makan kaya pingsan, terbang, melayang dsb dengan ekspsi yang kayanya ga bisa digambarkan dengan kata-kata. Itu semua karena makannya ceritanya saking enaknya (jujur, saya aja jadi ngiler berat kalo nonton serial ini, bawaannya pengen nyobaiin tuh makanan Jepang).

Born to cook (Opening versi bahasa indonesia)

Born to cook (Ending versi bahasa indonesia)

14. Patlabor

Nah, kalau yang ini anime tenatng robot yang dikendalikan manusia. Ceritanya, di masa depan nanti, hampir semua kegiatan, semua pekerjaan dilakukan oleh robot. Manusia bisa dibilang menjadi operator robot. Paham akan kemungkinan bahwa robot-robot tersebut bisa disalahgunakan untuk kejahatan, maka didirikanlah satuan polisi yang mengoperasikan robot, dikenal dengan nama Patlabor (Patrol Labor Units). Tokoh yang paling terkenal adalah sosok polisi perempuan berna,ma Noa Izumi * wuih, waktu itu bangga banget saya sama anime ini karena menonjolkan perempuan sebagai polisi pintar yang tidak kalah dengan polisi lainnya * Dulu, ga pernah ketinggalan untuk mantengin TV demi nonton serial ini.

Sono mama no Kimi de Ite (opening 1)

Kiss me Quick – midnight blue (ending 1)

 JA-JA – Paradise no Kakuritsu (ending 2)

15. Ranma 1/2

Ranma 1/2, anime yang ga masuk akal dan aneh. Bagaimana tidak, sosok Ranma ini bisa berubah, terkadang jadi laki-laki terkadang jadi perempuan. Tapi anime ini termasuk anime favorit saya. ceritanya penuh humor, lucu. Saya sendiri sering sekali menunggu munculnya si Panda yang lucu itu.

Opening 1

Kaori Sakagami – Platonic Tsuranuite (Ending 1)

Coco – Equal Romansu (ending 2)

16. Wedding Peach

Seperti judulnya, wedding, maka ketika saya menonton anime ini, saya disuguhkan dengan perempuan-perempuan bergaun pengantin. Sebenarnya bingung juga, kenapa harus gaun pengantin? bukannya malah ribet ya? Usut punya usut ternyata itu melambangkan cinta, kekuatan cinta.
Tidak jauh berbeda dengan magic girls, magic knight rayearth ataupun sailor moon, Wedding peach juga menawarkan hal yang hampir sama. Perempuan-perempuan yang memiliki kekuatan khusus * setiap kekuatan disesuaikan dengan kepribadian masing-masing * melawan kejahatan, dan dibumbui sedikit kisah cinta.
Tokoh utamanya itu, Hanasaki Momoko  (berubah jadi wedding peach), Tanima Yuri (angel lily), and Tamano Hinagiku (angel daisy). Mereka menjalani kehidupan sehari-hari sebagai anak SMP dan juga sebagai pembela bumi dari kejahatan. Uniknya, kejahatan disini bertemakan cinta, jadi ada Devila yang ingin menghapuskan cinta dari muka bumi ini  * cie elahh… ehm ehm.. jadi malu kalo inget dulu nonton ini masi anak-anak * Satu lagi keunikan adalah, pada saat mereka mau melawan musuhnya, mereka harus berubah dulu memakai gaun pengantin, baru kemudian berubah lagi memakai pakaian siap tempur  * agak sedikit wasting time yah… penjahatnya keburu kabur kali *

Furil – Yumemiru Ai Tenshi (opening 1)

17. Ninja Hattori

Serial anime Ninja yang penuh makna. Banyak hikmah yang bisa dipetik dari anime ini, terutama untuk anak-anak. Paling inget sama soundtracknya.. “mendaki gunung luas samudra...” bawaannya pengen nyanyi kalau inget Ninja hattori. Sampai sekarang, anime ini masih banyak ditonton anak-anak.

Ninja hattori ini ada juga versi live actionnya.

Ninja Hattori Kanzou Tadaima Sanjou (opening)

Ninja Hattori Kanzou Tadaima Sanjou (versi bahasa indonesia)

18. Zenki

Zenki ini sebenarnya adalah iblis * apa ya kata yang tepat untuk menggambarkan beast? * Jujur, awalnya sedikit lupa sama ceritanya sampai suatu hari adik saya membawakan dvd zenki, dan mulailah kami menonton ulang. Dan teringatlah saya akan masa kecil saya.

Jadi ceritanya, Zenki itu adalah sosok iblis jahat di masa lalu yang sudah di ‘kunci’ sampai akhirnya, Chiaki terpaksa membebaskannya demi melawan kejahatan yang mulai merajalela. Chiaki ini akan menjadi pengontrol kekuatan Zenki * hampir mirip Inuyasha dan kagome ya * Zenki sendiri tidak selalu tampil dalam bentuk ‘iblis’, sehari-hari zenki muncul dalam bentuk anak kecil yaaaang selalu menggangu dan menggoda Chiaki.

Vajura On (opening)

19. BTX

Sebagai penyuka saint seiya, tentunya saya juga suka aime yang satu ini, B’t X. Anime ini ditulis oleh orang yang sama dengan penulis saint seiya, makanya ada kemiripan di antara keduanya. Bedanya, kalau B’t X agak melibatkan sains di dalam ceritanya.

Tokoh utamanya adalah Teppei. Dia dalam perjalan mencari kakaknya ketika tiba-tiba diculik oleh robot tidak dikenal. Pada akhirnya, Teppei, dengan kekuatan yang ada dalam dirinya (B’t X) memulai petualangannya mencari kakaknya dan melawan kejahatan.

Fence of Defence – sailing for my dreams (opening)

20. Hunter X Hunter

Jujur, awalnya, saya tidak tertarik dengan anime ini. saya pikir kala itu, anime ini pasti penuh intrik dan kekerasan alias banyak berantemnya). Tidak disangka, kakak dan adik aki-laki saya yang memang penonton setia anime ini, berusaha meracuni saya.  Mereka menguasai TV dan memaksa saya menontonnya. Hasilnya, Me like it! Suka banget sama ceritanya (pada dasarnya tentang kehidupan para Hunter), sama karakter-karakternya yang banyak * inget banget sosok Gon, Killua, Kaito, Kurapika dan Leorio * sama gambarnya, apalagi sama soundtracknya * tapi yang versi jepang ya, bukan yang versi bahasa * Ohayo menjadi salah satu OSt terbaik yang sampai sekarang masih terus masuk ke dalam playlist di hp saya.

Keno – Ohayo (opening)

Ohayo (opening versi bahasa indonesia)

ending versi bahasa indonesia

21. Time Quest

Kalau ingat anime yang satu ini, pastilah teringat sama Aladin, Jin ‘rada-rada’,Pangeran dandan, Putri Syalala, dan ikonnya yang paling terkenal yaitu teko ajaib. Ingatkah suara “bidip bidip bidip… terbang terbang… teko ajaiiibb..” Nah, itulah suara teko ajaib yang akan terdengar setiap kali ia akan membuka lorong waktu yang akan membawa kita ke setiap petualangan yang berbeda.

Seingat saya, anime ini penuh humor, kocak abis. Mul

ai dari “penampakan” karakternya, nama-namanya yang unik samapai ceritanya yang emang sering tidak masuk akal. Bisa dibilang anime ini adalah wujud lain dari kisah aladin yang sering kita dengar. Jadi kangen ingin menontonnya lagi.

Jag Toys – Yume mireba (Opening)

Jag Toys – Tomodachi ni modorenai (ending)

22. Samurai X

Siapa yang tidak kenal anime yang satu ini. Anime yang paling ‘HOT’ di jamannya, bahkan sampai sekarang. Sosok Kenshin sebagai ruurounin yang polos dan kekanak-kanakan serta sebagai hitokiri (battosai) yang kejam dan tak berperasaan. Ditambah lagi dengan bumbu-bumbu percintaan dengan Kaoru dan persahabatannya dengan Sanosuke juga Yahiko.

Pokoknya, dulu anime ini booming banget. Tidak boleh yang namanya ketinggalan satu episode saja setiap kali ditayangkan. Belum lagi OST nya yang keren-keren abis. Bukan cuma 1 atau 2 OST, tapi hampir semua OST nya masih saya dengarkan hingga hari ini.

Oh iya, anime ini akhirnya dibuat versi live actionnya dalam bentuk film.

Judy & Mary – Sobakasu (opening 1)

TM Revolution – Heart of Sword (ending 3)

23. Ninja Rantaro

Kalo tertarik sama dunia perninjaan dan mau tau seperti apa kira-kira sekolah ninja, anime ini bisa jadi pilihan. Ceritanya, Rantaro, Shinbei, dan Kirimaru adalah murid di sekolah ninja. Sebagai murid kelas 1, mereka diberi julukan nintamas (gabungan kata ninja dan telur).Mereka harus belajar dengan keras untuk menjadi seorang ninja. tapi, maklum karena mereka masih anak-anak, jadi ya… makanan, uang, dan bermain lebih menarik perhatian mereka daripada belajar bagaimana caranya menjadi ninja. Lucu deh animenya.

Ini dia live action movie nya.

Hikaru genji – yuuki 100%

Opening versi bahasa indonesia

24. Macross

Entah ada berapa sekuel macross, tapi yang paling saya ingat dari macross adalah robot-robot, cinta, dan nyanyian. Apalagi pada saat pertempuran terakhir, musuh-musuh bisa dikalahkan ketika diperdengarkan lagu “do you remember love?” yang dinyanyikan oleh Lyn Minmay. Agak aneh sih ya. Bagi saya, kalau tentang robot, Gundam masih jadi nomor 1 * sorry macross, no heart feeling okay *

Opening

25. Inuyasha

Saya tidak bisa berkata-kata mengenai manga yang satu ini. Teramat sukanya saya sama anime ini, sampai-sampai menontonnya berulang kali. Kisahnya sebenarnya sederhana, tentang Inuyasha (manusia setengah iblis) yang bersama Kagome berusaha mengumpulkan serpihan-serpihan permata (shikon no tama) demi menjaga keselamatan manusia. keluarga, cinta, dan persahabatan ada di dalam anime ini. Hubungan Inuyasha dengan kakak tirinya, Sesomaru yang tidak pernah baik. Persahabatannya dengan sango, Shippo dan Miroku. Dan, cintanya terhadap Kikyo dan Kagome. Bagian yang menarik juga ketika muncul tokoh Koga yang menyukai Kagome dan menjadi sumber kecemburuan Inuyasha.

Dulu, saya kesal sekali dengan anime ini karena endingnya menggantung. Untung saja, pada akhirnya, tahun 2012, Inuyasha muncul kembali dengan mengusung Final Act. Di sini akhirnya, kisah Inuyasha dan kagome berakhir, dengan keduanya menikah dan hidup bahagia di zamannya Inuyasha. Di episode terakhir, Inuyasha bilang, “kagome dilahirkan untuk bertemu denganku, dan aku dilahirkan hanya untuk Kagome” * aih aih…. Inuyasha… ehm ehm * Suka juga sama scene ketika Kagome berteriak memanggil Sesomaru dengan sebutan “Oniiiii saaan…” * hahaha, ekspresi Sesomaru dan Inuyasha sangat priceless *

V6 – change the world (opening 1)

Do as Infinity – Fukai Mori (ending 2)

Ayumi Hamasaki – dearest (ending 7)

Advertisements

98 thoughts on “25 Anime Tahun 90-an Yang Melekat di Hati

  1. Tau gak snimasi yang pemerenya itu laki” punya kacamata yang bisa bergabung sama partner.a, partner.a itu gorila dan dan mereka jadi satu

    Like

  2. First off I want to say excellent blog! I had a
    quick question in which I’d like to ask if you don’t mind.

    I was curious to find out how you center yourself and
    clear your thoughts prior to writing. I have had a hard time clearing my thoughts in getting
    my thoughts out there. I truly do enjoy writing however it just seems like the
    first 10 to 15 minutes are wasted just trying to figure out how to begin. Any recommendations or tips?
    Thanks!

    Like

  3. ada yang atu gak yang agak baru anime jepang itu, kalo gak salah dia tahun 2006 terus dia tentang sekeluarga mirip maruco can cuman dia bedanya maknya gendut, agak keriting gitu suka gosip sama tante-tante sang teman ngerumpi dan irit sampai minuman aja waktu kebanyakan es dia masih tidak terima kalau minumannya itu cuman dapat sedikit dan sekali sedot habis, ada anak cewe, adenya cowo dan kakek nenek juga ada kalo gak salah terus pas habis tu lagunya dengan video mak gendut itu nari di matahari hampir terbenam, sunset gitu dan kalau ada yang tahu kasi tau dong judulnya yang pernah nonton aja ya, makasi 🙂

    Like

  4. ada yg tau gk anime yg kisahnya ki ttg cewe yg punya kotak make up ajaib..dy bisa berubah wujub melalui kotak make.up.nya itu. gw lupa judulnya

    Like

  5. Gan, ane kyaknya inget anie tapi samar2 judulnya, Ceritanya tentang bocah yg ngumpulin koin emas, dan dia selalu bawa2 celengan babi, katanya klo udag ngumpulin koin emas yg banyak , keinginannya bisa terkabul :””v , Btw kyaknya Anie itu sering disebut bunker atau semacanya :V

    Like

  6. ada yg tau film robot thn 90an ini gak? ceritanya di kaya pakai ironman suit, tp setelah pk robot suit dia bisa masuk ke robot yg lebih besar lagi. Jd suit pertama cuma sedikit lbh besar dr org normal, suit ke 2 2x lbh besar, suit ke 3 4x lbh bs. Ada warna biru merah, sama apa lagi lupa. Masih penasaran nih ngak ketemu2 judulnya apa.
    Thanx

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s