25 Sinetron Tahun 90an Yang Layak Tonton

Sekarang, kalau kita mendengar kata “sinetron” pasti yang terbersit pertama kali adalah komentar negatif. Terutama dari kalangan pendidik, yang seringkali menganggap bahwa tayangan sinetron tidak bermutu, tidak layak tonton, pembodohan masyarakat dan lainnya. Jujur, saya termasuk orang yang berpikiran kurang lebih sama. Setidaknya untuk sinetron-sinetron yang ditayangkan beberapa tahun terakhir ini.

Saking kecewanya segelintir orang terhadap sinetron Indonesia, sampai-sampai ada gerakan anti sinetron. Hal ini tentunya bukan tanpa alasan. Sinetron yang marak ditayangkan sekarang ini seringkali mengesampingkan kualitas, tidak mengindahkan efek sinetron tersebut terhadap penontonnya, jam tayang yang kadang tak sesuai dengan konten sinetron itu sendiri, dsb. Sungguh sangat mengecewakan. Maka dari itu, tidak salah jika akhirnya masyarakat lebih memilih menonton drama dari negeri lain, semacam drama korea, drama taiwan, drama hongkong, atau drama jepang.

BannerAntiSietron

Tapi, meskipun saya termasuk orang yang ‘negatif’ tehadap sinetron, sejatinya saya ‘tidak membenci sinetron’ atau bahkan ‘anti sinetron.’ Saya hanya tidak suka kualitas sinetron jaman sekarang. Itu saja.  Karena sejauh saya ingat, ada kalanya sinetron mendapat tanggapan positif dari masyarakat. Kala itu, sinetron tidak setiap hari ditayangkan * dengan kata lain stripping * dan episodenya pun tidak sampai ratusan. Ceritanya pun, seringkali memberi hikmah yang dapat dipetik dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Beruntungnya saya, karena masih sempat mengenal tayangan sinetron yang layak untuk ditonton. Coba saja lihat 25 sinetron yang menurut saya pribadi, patut diberi kesempatan, layak ditonton, dan seharusnya menginspirasi para pekerja sinetron Indonesia agar membuat sinetron yang lebih berkualitas lagi. Dan saya percaya, suatu hari nanti, sinetron Indonesia bisa jauuuuh lebih baik dari drama-drama asia lainnya. meskipun saya harus banyak sekali berdoa untuk bisa melihat hal itu terjadi.

But, let’s not loose our hope. Keep praying and make it happen, soon!

1. Jendela Rumah Kita (1990)

jendela rumah kita

Ini sinetron jadul banget * saya aja belom lama lahir * Disiarkan oleh satu-satunya TV di masa itu, yaitu TVRI. Pada saat itu kata “sinetron” belum dipakai oleh masyarakat luas. Sinetron pun masih tergolong tontonan yang amat sangat langka sehingga setiap kali tayang selalu dinanti-nantikan. Inget banget, dulu yang punya TV di daerah saya masih tergolong sedikit, jadi setiap kali ada tayangan menarik, rumah saya pasti dipenuhi para tetangga yang ingin nonton bareng * hehehe, emang bola aja yang ada acara nonton barengnya * Sinetron  ini diperankan oleh Dede Yusuf sebagai Jojo. Jojo adalah tokoh utama yang punya karakter jagoan. Kuat, solider, suka menolong, terutama yang lemah dan tak segan berkelahi demi membela kebenaran * aiih.. * Sinetron ini merupakan buah karya Arswendo Atmowiloto  *no wonder kualitasnya patut diacungi jempol *

2. Tirai Sutra (1996)

Saya ingat ketika menonton sinetron ini, saya sangat iba terhadap sosok yang diperankan Devi Permatasari. Bagaimana tidak, dia adalah seorang istri yang baik, cantik, nurut, keibuan, tapi tetap saja diselingkuhi oleh sang suami yang diperankan oleh Alex Komang. Di sinetron ini juga saya jadi tidak menyukai Inneke Koesherawati * sekarang saya pengagum beratnya, terutama setelah dia memutuskan berhijab * yang notabene adalah sahabatnya sendiri dan ternyata selingkuhan sang suami.

Sinetron ini sangat populer di jamannya. Tapi ternyata, saya baru tahu kalau sinetron ini diadaptasi dari serial drama TVB Hongkong yang berjudul My Friend, My Enemy  *yaah, sayang deh, kiraiin orisinil hasil karya anak bangsa * Anyway, saya sama sekali tidak keberatan dengan sinetron yang mengadaptasi atau terinspirasi drama lainnya ASAL dari awal langsung saja dipublikasikan kalau memang mengadaptasi, bukan malah diakui sebagai karya sendiri. Toh, sekarang, memang banyak drama asia yang saling mengadaptasi (drama korea, jepang, dan taiwan misalnya).

3. Si Doel Anak Sekolahan

4. Bias-Bias Kasih

5. Cintaku Di Kampus Biru

cintaku di kampus biru

6. Cinta

cinta

Sinetron ini merupakan satu dari sedikit sinetron yang menurut saya masuk dalam kategori terbaik. Mungkin kalau sinetron ini di-remake dan dikemas dengan teknologi jaman sekarang, dan dimainkan oleh aktor dan aktris yang top kualitasnya, bisa jadi sinetron ini menjadi yang terbaik. dalam bayangan saya, bisa seperti drama korea * bukan berarti meniru loh ya *

Pemeran sinetron ini adalah Desy Ratnasari, Primus Yustisio, Atalarik Syah, Hanna Hasyim dll. Ceritanya diambil dari Novel karya Mira. W berjudul “seandainya aku bisa memilih.” Alur ceritanya tidak bertele-tele. Pengambilan gambarnya bagus * saya ingat scene terakhir ketika Desy menjemput Primus di penjara * Ceritanya top abis  * saya sampai menangis nonton sinetron satu ini * dan soundtracknya pun benar-benar cocok dengan ceritanya. Saat itu, lagi “bahasa kalbu” yang dinyanyikan Titi DJ menjadi booming di Indonesia.

7. Sitti Nurbaya (1991)

siti nurbaya

Oh well, siapa sih yang tidak mengenal kisah Siti Nurbaya. Gadis yang dipaksa menikahi seorang ‘kakek tua’ demi membayar hutang orangtuanya. Sinetron ini ditayangkan di TVRI, terinspirasi dari novel dengan judul yang sama, Sitti Nurbaya karya Marah Rusli. Sinetron inilah yang menjadi cikal bakal dibuatnya sinetron lain yang terinspirasi dari sebuah karya novel. Hingga kini, Sitti Nurbaya masih terus menginspirasi. Mulai dari lagu berjudul “cukup siti nurbaya,” remake sinetron Siti Nurbaya * pemainnya kalo ga salah Nia Ramadhani * pementasan teater Siti Nurbaya, sampai FTV bertema Sitti Nurbaya.

Tapi, bagi saya, sinetron inilah yang paling berkesan dan mengantarkan novel Sitti Nurbaya ke masa kejayaannya. Bayangkan pada saat itu, tidak banyak orang yang mau membaca novel sastra di keseharian mereka  *kata mereka, terlalu berat bahasannya * tetapi sejak sinetron ini booming, banyak orang yang mencari-cari novel tersebut.

Jujur, saya suka sekali sinetron ini termasuk juga novelnya. Di sinetron ini, Novia kolopaking berperan sebagai Sitti Nurbaya dan Gusti Randa sebagai Samsul Bahri. Tapi ada satu hal yang membuat saya trauma berkepanjangan setelah menontonnya  * maklum, saat itu saya masih bocah * Saya menjadi benci sekali dengan sosok HIM Damsyik yang berperan sebagai Datuk Maringgih. Bertahun-tahun lamanya, saya tidak pernah mau menonton acara yang melibatkan beliau, sampai akhirnya saya dewasa dan menyadari bahwa HIM Damsyik adalah aktor yang luar biasa. Saking luar biasanya sampai dia bisa memerankan karakter HIM Damsyik begitu sempurna dan membuatnya begitu hidup sampai-sampai buanyaaak penonton membenci dirinya.

8. Sengsara Membawa Nikmat

sengsara membawa nikmat

Nah kalau yang ini mengikuti sukses Sitti Nurbaya. Diangkat dari novel “sengsara membawa nikmat” karya Tulis Sutan Sati. Di sinetron ini saya jatuh cinta sama para pemerannya. Desi ratnasari yang cantik dan sandy nayoan yang ganteng  * aish… jaman dulu loh * Sandy Nayoan berperan sebagai Midun, anak miskin, berbudi baik, sopan, sabar, taat menjalankan perintah agama dan menguasai pencak silat. At the end, Midun menjadi orang nomor satu di Bukit tinggi dengan gelar Datuk Paduka Raja.

9. Keluarga Cemara

keluarga cemara

10. 1 Kakak 7 Keponakan

1 kakak 7 keponakan

11. Dia

dia

12. Lorong Waktu

lorong waktu

13. Para Pencari Tuhan

para pencari tuhan

14. Karmila

karmila

15. Pernikahan Dini

pernikahan dini

16. Jangan ada Dusta

jangan ada dusta

17. Wulan

wulan

18. Janjiku

janjiku

19. Jin dan Jun

jin dan jun

20. Si Manis Jembatan Ancol

si manis jembatan ancol

21. Jangan Ucapkan Cinta

jangan ucapkan cinta

22. Aku Ingin Pulang

aku ingin pulang

23. Dunia Tanpa Koma

dunia tanpa koma

24. Elang

elang

25. Misteri Gunung Merapi

misteri gunung merapi

15 thoughts on “25 Sinetron Tahun 90an Yang Layak Tonton

  1. Sinetron terlanjur sayang min.Pemain ny sofia latjuba,ari wibowo,bucek deep dll.Itu jg keren bingit.Jd keinget masa laluu

    Like

    • Seperti saya tuliskan di atas, ini adalah 25 sinetron menurut saya pribadi, yang pernah saya tonton. Karena saya membatasi 25 saja, dan tidak bedasarkan peringkat, mau tdk mau ada sinetron yang tidak masuk list. Silakan saja kalau mau ditambahkan ya. Pendapat tiap orang pastinya beda-beda, mungkin yg disini bagi saya layak tonton, bagi yang laen belum tentu sama. ^_^ anyway, jadi pemgen nonton anak menteng…

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s