Pesan Indah Di Balik Musibah

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia, musibah/mu·si·bah/ n  adalah

  • kejadian (peristiwa) menyedihkan yg menimpa
  • malapetaka; bencana

Lalu berapa banyak dari kita yang pernah tertimpa musibah. Berapa banyak dari kita yang pernah bersedih karenanya. Berapa banyak pula yang mungkin berputus-asa dan menyimpan amarah karenanya * termasuk saya. *

Sebagian orang yang mengalami musibah merasa bahwa dirinyalah yang paling menderita. Bahwasanya tidak ada orang lain yang lebih menderita daripadanya. Bahwasanya, tidak seorangpun di dunia ini bisa merasakan hal yang sama dengannya.

Dia lupa, bahwa ada Allah SWT yang senantiasa selalu bersamanya dan paling mengerti dirinya. Dia lupa, bahwa sesungguhnya, dibalik semua musibah yang dialaminya, terselip pesan indah untuknya.

1. Musibah adalah sarana perenungan diri.

Bisa jadi musibah itu dialami karena kesalahan atau dosa yang telah kita perbuat. Maka Allah ingatkan dia untuk segera bertaubat dan memperbaiki dirinya, kembali kepada Allah SWT.

2. Musibah adalah ujian keimanan seorang muslim.

Semakin tinggi dan kuat iman seseorang, maka semakin besar pula ujian baginya. Dan bila kita lulus melewati ujian tersebut, maka Allah akan meninggikan derajat kita.

3. Musibah adalah salah satu cara Allah SWT dalam memberikan kebaikan dan kemuliaan bagi muslim yang dikehendaki-Nya.

4. Musibah adalah salah satu ladang amal sholeh seorang muslim.

Bukankah kalau kita tertimpa musibah, maka kita akan lebih sering berpaling kepada Allah SWT? Kita akan semakin rajin beribadah, semakin mensyukuri apa yang masih kita punya, dan semakin mendekatkan diri kepada-Nya.

Jadi, janganlah kita bersedih hati, marah, dan berputus asa atas musibah yang menimpa diri kita. Senantiasalah mengingat bahwa ada pesan indah dibaliknya.

“Ya Allah, janganlah Engkau jadikan dunia ini sebagai puncak keinginan kami dan akhir dari pengetahuan kami. Dan janganlah Engkau serahkan kami kepada orang yang tidak menyayangi kami.”

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s