Kepo Bahasa Slang dan Alay

Sebagai anggota Generasi 90-an, bisa dibilang saya tidak terlalu update dengan yang namanya bahasa slang, lebay, dan bahasa alay. Maklum, secara temen gaulnya udah bukan ABG yang kekinian lagi.

Saya pikir, OMG, ABG kekinian lebay plus alay. Tapi, ternyata takdir berkata lain, ketika suatu hari saya harus gaul dengan para ABG ituh, apakah yang terjadi saudara-saudara?

Tet Tot!!

Yups, ROOMING TINGKAT DEWA.

Saya blank.

Kaga ngarti sama conversation alias omongan mereka. Ngeliat muka saya yang bengong galau ga karuan, mereka dengan santainya komentar, “Aaaah, ga saik ah mba mell. Ga gaol, KUDET.”

WHATTT! SAYAH! dibilang kudet! Sama sekali ga terima. * emosi langsung memuncak naik cepat ke ubun-ubun.” Anak-anak bau kencur ituh bilang saya kudet!

But…. wait.

Kenapa saya jadi emosi jiwa? Emang kudet apaan ya? Yang saya tau mah ada juga kuper alias kurang pergaulan. Nah lo. Kalo kudet apaan lagi tuh. Saya merasa ditantang. Langsung bertanyalah saya kepada mbah gugel dan kamipun terlibat pembicaraan yang cukup alot.

Saya: “mbah, kudet itu apa ya maknanya?” * ceileee ‘makna’ *

dan mbah pun menjawab,

Mbah Gugel: “Aaaah, ABCDEF deeeh. Ga saik kamuh, masa kudet aja kaga tau.

Saya: “WHATTTT!” * plak! Ingin rasanya saya keplak mbah gugel kalau saja saya ga inget itu mbah bermukim di hape tercintah saya. *

Ga mungkin lah mbah gugel jawab begitu. Ternyata itu hanyalah angan-angan saya belaka.

Mbah Gugel: “Kudet itu artinya kurang updet neng.”

Gw: “Ouch.” Jadi anak-anak bau kencur itu bilang saya kurang update.

HAHA. Let me prove that you are all wrong. Secepat kilat saya meng-update info bahasa kekinian.

Setelah proses panjang selama berjam-jam menyiksa mbah gugel dengan segala pertanyaan saya. Mbah pun akhirnya angkat tangan. Memaksa saya langsung menuju pusat informasi bahasa slang and or alay di website kamus slang.

Sungguh saya tak menyangka, selain kamus bahasa Indonesia, Inggris, Jepang, dan Korea yang selalu saya hampiri. Saya mendapat satu tambahan kamus lagi yang sebenernya penting ga penting. Well, at least, untuk mencegah Kudet dalam dunia perbahasaan masa kini dan mencegah rooming yang berkepanjangan, ga ada salahnya untuk sesekali merambah kamus ‘unik’ ini.

Nah, dari ribuan bahasa slang dan atau alay di luar sana, saya mencatat beberapa kata dan singkatan yang sering masuk ke dalam indera pendengaran saya.

PHP: Pemberi Harapan Palsu.

ABCDEF: Aduh Bok Cape’ Deh Eike Fusing.

P’A: Pendek Akal. Bodoh, bego, tolol.

Kepo: Knowing Every Particular Object. Sebutan untuk orang yang serba tahu detail dari sesuatu, apapun yang lewat di hadapannya selama itu terlihat oleh matanya walaupun hanya sekelebat. Kepengen tau. Diadaptasi dari bahasa daerah Hokkian (China) yaitu Kay-Poh.

Modus: ketika kamu punya niat lain di balik pekerjaan yg akan kamu lakukan. Modal Dusta. Pengalihan supaya tidak ketahuan

Cabe-cabean:

cewe murahan atau bisa di sebut jablay , jablay cilik.
C : ewe
A : lay
B : ahan
E : wean

ABG yang dandanan-nya sok kaya cewek dewasa.

ADIDAS: Ayah Dan Ibu Doakan Aku Selalu. Anak Desa Irama Dangdut Aliran Soneta.

MBDC: Singkatan dari malesbanget!dotcom, website kesukaan kita semua!

Markibo: Mari kita bobo

Madesu: Mari depan suram

LDR: “Long Distance Relationship” Dari Bahasa Inggris Yaitu Hubungan Jarak jauh. Penyebab LDR adalah Jarak Kedua Kedua Belah Pihak , Sebuah Hubungan Dikatakan LDR Jika Sudah Memenuhi Jarak Minimum ,Jarak Minimumnya Adalah 2 Kelurahan (~45 KM).

Rebes: Beres, selesai, kelar, habis.

SKJ: Suka Kaga Jelas, Tindakan di luar batas normal.

DL: Derita Lo

Bekibolang:  Dipakai untuk persimpangan yang ada lampu merahnya, tapi untuk yang belok kiri, boleh langsung!

 

 

 

 

Leave a Reply

