The Infamous Rainbow Loom

Siapa sih yang tidak kenal rainbow loom?

Mainan yang paling “in” saat ini. Mulai dari yang original, grade ori, kw super, sampai kw biasa pun ada. Saking terkenalnya mainan ini. Wajar saja, mengingat Rainbow Loom yang mendapat award alias penghargaan sebagai 2014 Toys of The Year. Amazing bukan.

Bagi saya pribadi, permainan rainbow loom ini sangat edukatif. Why?

1. Kreatif. Siapapun yang menggunakan mainan ini dituntut untuk kreatif. Meskipun ada instruksi bagaimana memainkannya (misalnya membuat gelang), tapi bisa jadi kita berkreasi sendiri untuk membuat model gelang yang lain.

2. Sabar. Dijamin butuh kesabaran setiap kali ingin membuat sesuatu dengan rainbow loom ini. Dikarenakan menggunakan loom yang ukurannya sangat kecil.

3. Teliti. Dibutuhkan ketelitian. Jika kita tidak teliti, bisa saja ada bagian yang “miss” alias kelewat.

4. Mengasah fine-motor skill. Dibutuhkan koordinasi otot-otot halus yang ada di kedua tangan, jari, serta mata.

5. Patterns atau pola. Anak-anak bisa belajar mengenali dan membuat pola. Pola merupakan dasar dari matematika. Sehingga nantinya anak-anak terbiasa dengan pola, misalnya dalam bilangan.

6. Bisnis atau proses jual-beli. Biasanya, anak-anak yang usianya remaja mulai tertarik untuk menjual hasil karya rainbow loom mereka.

7. Fokus atau konsentrasi. Untuk membuat 1 saja gelang dari rainbow loom ini, dibutuhkan konsentrasi agar pola yang dibuat sesuai dengan yang kita inginkan. Anak-anak terlatih untuk stay, bertahan di satu kegiatan untuk beberapa lama.

8. dan masih banyak lagi.

Seumpama ada dari kalian yang belum tahu rainbow loom ini. Bisa cek website resminya dengan menge-klik www.rainbowloom.com kalau mau beli pun, disini aja jadi terjamin keasliannya.

Nah, kalau yang dibawah ini adalah rainbow loom saya. Sukaaa banget. Pertama kali memakai bracelet ini, langsung menarik perhatian anak murid saya. Mulai dari yang memuji, bertanya di mana belinya, bagaimana membuatnya, sampai ada juga yang mengenali semua warna dan bahkan mengenali adanya pola di bracelet saya. And for your info, murid saya masih balita (4-5 tahun).

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s