Kuroko’s Basketball (Kuroko No Basuke)

kuroko's no basuke

Judul: Kuroko’s Basketball (Kuroko No Basuke)

Manga: Kuroko No Basuke

Genre: Shounen, olahraga, komedi, sekolah

Jumlah Episode: 25 episode

Disiarkan: 8 April 2012 – 22 September 2012

Karakter:

  • Kagami taiga
  • Kuroko tetsuya
  • Midorima

Pengisi Suara Anime Kuroko’s No basuke

Sinopsis:

Kuroko No Basuke menceritakan seorang pebasket bernama Kuroko yang memiliki keyakinan tersendiri terhadap Basket yang dia mainkan. Ketika SMP, Kuroko tergabung dalam tim basket sekolahnya, yaitu Teiko Middle School Basketball Team. Tim ini telah memenangkan kejuaraan basket selama 3 musim berturut-turut. Tim ini terdiri dari lima pemain yang disebut-sebut sebagai Generasi Keajaiban (Miracle Generation). Namun, ternyata, dibalik keberhasilan 5 pemain tersebut, ada 1 lagi pemain yang keberadaannya tidak terlalu dikenal namun sangat dihormati oleh 5 pemain tersebut. Dan pemain ke-6 itu adalah Tetsuya Kuroko.

Cerita bermula ketika Taiga Kagami, yang baru saja kembali dari Amerika, bersekolah di SMU Seirin. Ia bergabung dengan tim basket Seirin bersama dengan Kuroko.  Pada awalnya kagami menganggap remeh Kuroko karena permainan basket Kuroko biasa-biasa saja. Bahkan keberadaan Kuroko bagaikan ‘hantu.’ Tidak semua orang bisa merasakan kehadirannya. Akan tetapi, hal ituah yang menjadi kekuatan Kuroko. Ia bisa mengoper bola basket tanpa disadari oleh pihak lawan.

Setelah bertemu dengan Kagami, Kuroko memutuskan untuk mendukung Kagami menjadi pemain basket terbaik. Kuroko merasa apa yang ia cari selama ini, ada dalam diri Kagami, ada dalam Tim Basket Seirin. Ia memutuskan untuk menjadi bayangan Kagami. Mereka kemudian berjanji untuk bahu-membahu memenangkan pertandingan dan mengalahkan ke-5 orang anggota Generasi keajaiban.

Review:

Kuroko no Basuke termasuk ke dalam daftar manga terlaris tahun 2012 mengalahkan Naruto. Oleh karenanya saya sangat tertarik ketika mendengarbahwa ada versi animenya. Bagi saya yang memang menyukai anime dan manga bergenre olahraga, komedi, dan sekolah, kuroko’s no basket merupakan salah satu anime yang wajib ditonton. Ceritanya yang umum disertai dengan kelucuan-kelucuan tokohnya, dan juga trik-trik basket yang ‘unik’ membuat saya bertahan menonton anime ini. Tentu saja, trik-trik basket yang ditunjukkan mungkin tidak bisa dilakukan dalam dunia nyata. Bahkan bisa dibilang, lebay. Namun, menurut saya, itulah yang menjadi daya tarik anime ini.

Secara umum, orang akan membandingkan Kuroko’s no basket dengan slam dunk. Tipikal pemain yang sama dan ambisi yang sama pula. Tapi entah kenapa, kesan pertama saya adalah anime ini mirip dengan Prince of Tennis. Tentu saja bukan dari segi Olahraga yang dimainkan, tapi lebih kepada penggambaran dan penampakan tokoh-tokohnya. Juga dari segi kekonyolan dan hal-hal mustahil yang mereka lakukan ketika berlatih. Yang jelas, anime ini sangat menghibur saya. 2 jempol untuk anime ini!

Saya juga menyukai pemikiran Kuroko. Dia percaya bahwa bakat bukanlah segalanya. Dalam pertandingan basket, bakat memang memegang peranan penting, tetapi kerjasama dan kepandaianlah yang membuat suatu tim bisa memenangkan kejuaraan. Kuroko percaya bahwa, tim yang kuat tidak akan bisa menang jika tidak ada kerja-sama diantara mereka. Itulah sebabnya ia mengundurkan diri dari Tim basket Teiko karena ia merasa, setiap pemain hanya bermain secara individual, dan hanya demi memenangkan pertandingan. Mereka melupakan kerjasama dan kesenangan pada saat bermain basket.

OST:

  1. Can Do – Granrodeo (OP ep. 1-13)
  2. Rimfire – Grandeo (OP ep. 14-25)
  3. Start it right away – Hyadain (ED ep. 1-13)
  4. Catal Rhythm – Oldcodex (ED ep. 14-25)
  5. Offence and defense – Ryosuke Nakanishi

Video favorit saya:

Top 10 Kuroko’s No Basuke Plays

Battle at the cafetaria (it reminds me of dorama My Boss, My hero)

Funy Scene in Restaurant

Kuroko’s cyclone pass

Akashi from the manga

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s