Antara Abang Kenek dan Gadis Cantik

Ada apa gerangan antara abang kenek dan gadis cantik?

Jadi ceritanya, pulang kerja mau nemenin mama ke Mayestik. Tau ga Mayestik apaan? Pasar paling terkenal seantero dunia * lebaay, dunia lo doank kali mel * Emang iya, bagi saya, ini pasar paling hebat. Kalo sekarang banyak pasar yang kegusur ama jaman dan diganti mall-mall bertingkat yang kadang bikin saya minder mau masuk, ini pasar tetap kokoh berdiri sampe detik ini. Bayangin aja, seinget saya, dari saya masih digendong sama mama * sumpah saya inget klo saya digendong * ampe sekarang saya yang nuntun mama, ini pasar masih ada.

Ajaib!

Nah, lanjut tentang perjalanan saya ke Mayestik. Antisipasi biar mama ga kelamaan nunggu, jadilah saya buru-buru menuju tempat janjian * aih, kaya ama pacar aja ya, janjian. * Dari sekolah tempat saya bekerja, perjalanan relatif aman lancar terkendali. Tibalah saya ditempat janjian, di perempatan fatmawati  * sekarang berasa apaaa gitu, diri bengong ndirian di perempatan. Untung aja langit masih terang. Saya kan takut, takut kena razia orang cakep * Tengok kanan-tengok kiri, berlaga nelpon pake hape padahal pulsa aja kaga ada. Sampe tiba-tiba saya terlena denger suara Kei-san (vokalis Pay Money To my Pain)  dengan mellownya menyanyikan lagu “bury” yang ternyata bunyi ringtone hape saya. Pas diangkat, saya ga menyangka kalo ini bakalan terjadi * hayoo, apa “ini” coba *

Mama: “Non, udah dimana. Mama udah deket Fatmawati nih.”

Saya: “Ini udah dari tadi di tempat janjian. Ya udah, ntar mama turun aja di deket apotek Ratna.”

Mama: “Oh udah di prapatan. Ya udah, mama ga usah turun. Ntar mama awe-awe * translate: melambaikan tangan * tangan mama dari dalem bis. Mama tar bilangin supirnya suruh brenti. Trus kamu langsung naek aja ya.”

Saya: * bengong dengan tampang bego * “Hah! apa ma? gimana maksudnya?”

Tuuut tuut tuuut tuuut tuut, suara dari dalem hape saya.

Saya: * masih bengong sambil dengerin hape. Masih ga ngeh dengan percakapan barusan. Masih mencerna kata-kata mama.* “Ma, Ma… halllooo…” * dudul banget, jelas-jelas hape di ujung sana udah dimatiin. *

Tiba-tiba aja, saya denger teriakan abang-abang “Neng. Ayo neng, buruan. Keburu ada polisi.” Sayup-sayup bersamaan dengan suara si abang-abang, saya denger suara mama, “Non! Bang-bang, itu anak saya bang.” Jujur, waktu itu saya langsung nganga * antara takjub, kaget, sama malu * dan spontan loncat naik metromini yang tiba-tiba muncul di depan saya * saya ampe ga sadar ada metromini mendekat *  Tuh abang-abang yang ternyata abang kenek, mengulurkan tangannya, begitu juga saya yang mencoba meraihnya * tsaaaah * Saya berasa dalam adegan slow motion, persis kaya adegan di pelem-pelem yang dilambatin.

Kira-kira beginilah situasi metromini saat kejadian “perkara”   [Credit: Nandosuke @ flickr.com]

Di pikiran saya. Sumpah, kayanya pernah ngeliat adegan kaya gini. Pelem apa ya? Sang pria berdiri di atas kereta, mengulurkan tangan. Sang wanita berlari mengejar sambil mencoba meraih tangan sang pria. Sekali coba berpegangan. Gagal. Kereta bergerak makin cepat. Dua kali coba berpegangan. Gagal lagi. Ujung stasiun semakin dekat. Ketiga kalinya, mereka berhasil berpegangan. Sang pria pun menarik sang wanita. Sang wanita melompat dan mereka berpelukan. * Kyaaaa…*

Buyar pikiran saya. Yaaaah, kecewa deh saya. Ini cuma adegan saya ama kenek bis. Seandainya aja ama suami sendiri. Aaaah, romantisnya * efek kebanyakan nonton drama korea nih kayanya  Begitu naik, ituh bis langsung ngacir. Tinggallah saya, masih berpegangan tangan sama si abang kenek. Berasa semua penumpang memandangi saya * kan saya jadi malu, berasa artis aja diliatin. Saya emang cakep, tapi ga usah segitunya juga kali liatin nya.

“Non! Non!” mama manggil saya. Langsung aja saya lepas tangan tuh abang * maap ya bang, kitakan bukan muhrim. Tadi cuman khilaf semata. Rasanya, cukup sampai disini aja kisah abang dengan saya * sambil ngeloyor menjauh dari si abang kenek. Si abang malah cengar-cengir aja. Mungkin dalam pikirannya, mimpi apa saya semalem, bisa berpegangan tangan berdua gadis cantik.

Duduklah saya disamping mama tercinta. Senyum merekah di wajah saya. Seakan ga terjadi apa-apa * sok pede, padahal maluuunya setengah mati. * Saya tengok mama tercinta. Senyum lagi. “Mama……” Senyum lagi * untung ajaaaaaa, ini mama. * Senyum lagi, kali ini sambil narik napas panjang.

Begitulah seterusnya. Kami berdua duduk berdampingan, saling melempar senyum, hingga akhirnya suara si abang kembali memecah kebisingan suara mesin metromini, “Mestik mestik mestik. Siap-siap, siap-siap. Mumpung lampu merah. Kaki kiri bu, kaki kiri.” Dan mengakhiri kisah antara abang kenek dan gadis cantik, yaitu saya * siap-siap ditimpukin karena ngaku-ngaku cantik. Padahal emang iya, cantik wkwkwkwk *

Leave a Reply

