Homemade Pecak Oncom

Siapa yang tidak mengenal oncom? Di Indonesia, oncom cukup dikenal oleh masyarakat luas, namun tidak banyak orang yang menggemari makanan satu ini.

Apa sih oncom? Oncom adalah makanan asli Indonesia yang terbuat dari ampas tahu yang difermentasikan oleh kapang. Kapang yang digunakan umumnya dari golongan marga Neurospora. Yang saya tahu, oncom ada 2, yaitu oncom merah dan oncom hitam. Saya pribadi lebih menikmati oncom merah. Terlebih lagi oncom yang diolah di rumah oleh mama tercinta. Bisa dibilang, ini salah satu signature dish-nya mama, Pecak Oncom. Pembuatannya sangat sederhana, tapi rasanya luar biasa.

Oncom dipanggang atau digarang, begitu pula dengan bumbunya (cabe merah, bawang merah, lengkuas, dll). Begitu matang, bumbu-bumbu hanya di”keprek” kemudian disiram air panas. Tambahkan garam dan perasan jeruk limo lalu rendam oncom ke dalamnya. Simsalabim, pecak oncom siap dinikmati. Rasanya maknyusss kalo kata pak Bondan mah, pedasss dan gurih… mantabbb! tapi, jujur, saya belum pernah menikmati pecak oncom selain homemade pecak oncom ala chef Rose alias mama.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s