Nostalgia 25 Drama Jepang Tahun 90-an hingga awal 2000-an

Boleh dibilang, saya ini pecinta drama. Mau dalam bentuk film, mini seri, video klip, ataupun buku cerita. Drama Asia terutama, drama yang menurut saya paling mengharu biru. Bukan hanya dari plotnya saja, tapi juga dari soundtracknya, lokasinya, wardrobe-nya dan banyak lainnya.

Nah, drama Jepang alias dorama, merupakan salah satu dari sekian jenis drama yang membuat saya jadi makin mencintai drama. Mulai dari drama keluarga sampai drama yang konyol dan lucu, yang biasa diadaptasi dari anime Jepang.

Nah, jangan bilang kalo kamu dorama lover kalo belummenonton dorama tahun 90an yang epic banget. Kalau saya pribadi, drama tahun 90-an hingga awal 2000-an yang paling melekat di ingatan ya seperti di bawah ini.

1. Oshin (1983)

Walaupun bukan drama tahun 90-an tapi saya ingat drama ini diputar kembali di Indonesia, di TVRI tepatnya, tahun 90-an * ga inget juga tahun berapa saking udah lamanya * Ceritanya seputar kehidupan seorang gadis bernama Oshin. Ketika saya bilang kehidupan, ini artinya benar-benar kehidupan Oshin seutuhnya. Bayangkan, dari Oshin baru lahir, kecil, remaja, dewasa, samapi jadi nenek-nenek * pfiuuuh… *

2. Tokyo Love Story (1991)

Kalau Tokyo Love story ini berputar pada cerita cinta Kanji dengan Rika Akana. Suka banget sama tokoh Rika yang ‘bubbly’ banget. Sebel banget sama Kanji yang ga bisa nentuin pilihan, sampe akhirnya udah telat.

3. Ordinary People or Asunaro White Paper (1992)

Seingat saya, ini kisah tentang persahabatan anak kuliahan. Cowo utamanya adalah Kakei. Kakei suka sama Narumi * kalau ga salah * tapi karena ada cewe lain yang ga bisa ditinggalin sama Kakei, jadinya mereka ga bisa bersatu. Yang paling aku inget pas scene malam natal. Narumi nungguin Kakei, sampai akhirnya dia malah jadian sama cowo lain. Di pagi harinya, Kakei datang… * aaah tidakkk * Yang bikin saya ga lupa sama drama ini karena soundtracknya yang mengharu biru.

4. Love is a wonderful thing or suteki na kataomoi (1990)

Kalau ini ceritanya lucu banget. Seingat saya, nomo kenalan sama cewe. Nah, cewe itu menyuruh temannya, buat pura-pura jadi dia dan terus berhubungan sama nomo lewat telepon. Di dunia nyata, cewe yang pura-pura tadi dan nomo saling kenal bahkan berteman. Ga disangka, ternyata si nomo ini suka sama cewe yang pura-pura tadi. Scene yang paling saya ingat pas nomo makan-makan bareng sama si cewe tadi dan 1 cowo yang suka sama cewe itu. Trus, pas dia disuruh kasi selamat karena mereka jadian, nomo meremas kaleng minuman yang dia pegang di bawah meja * karena dia suka sama cewe itu * ceritanya bagus banget deh. teringat juga sama latar belakang drama ini, yaitu toko mainan.

5. Beautiful  Life (2000)

Drama yang main Takuya Kimura. Samar-samar inget scene dimana Takuya jadi tukang potong rambut (hairstylist). Iya bukan ya?

6. Long Vacation (1996)

Kalo ini yang saya ingat hanya takuya Kimura jadian sama cewe yang tinggal seatap sama dia. Namanya Minami dan umurnya lebih tua dari dia. Scene yang samar-samar teringat adalah pas mereka main basket sama pas minami pake pakaian pengantin tradisional Jepang * waktu itu minami lagi mau ngapain ya? lupa *

7. Tokyo Cinderella story

Hmm.. yang satu ini, suka sama soundtracknya. Suka juga si sama ceritanya. Persis seperti Cinderella lah. Si cowo tampan dan kaya jatuh cinta sama cewe biasa. Disini, yang paling saya inget adalah payung merah. Payung itu muncul di episode awal dan akhir. Payung yang dikasi sang cewe ke cowonya ^^.

8. Love Generation (1997)

Nah, kalo ini.. Teppei. Khas banget nama itu. Masih dengan Takuya Kimura yang lagi ngehits banget. Waktu nonton, sering sebel sama Takuya karena masih aja stuck sama cinta pertamnya yang notabene pacar kakanya. arrrr.. untung akhirnya happy ending. Suka banget sama scene pas teppei berusaha menuhin janji untuk ketemuan di puncak gunung * kalo ga salah * tapi dia datengnya telat. Tapi jangan khawatir, it is happy ending though.

9. Itazura Na kiss (1996)

Siapa yang ga kenal Itazura na kiss. Apalgi sekarang drama ini sudah diadaptasi ke drama korea dan dirilis ulang oleh jepang. Jujur, pas nonton drama ini, ga suka banget sama cewenya karena ga cakep * maklum, saya masih kecil, jadi masih mentingin tampang * Sementara cowonya cakep bukan main, perfect kalo kata orang mah * sekali lagi, saya masih kecil waktu itu * Karena drama ini diadaptasi dari manga (komik Jepang), bahkan ada animenya pula, jadi drama ini sangat menghibur. Dijamin banyak kekocakan dan keanehan didalamnya.

10. Kamisama, mou sukoshi dake or God give me more time (1998)

Sebenernya tidak terlalu suka drama yang satu ini karena ceritanya. Tapi karena ada Takeshi Kaneshiro yang waktu itu masih guanteng abis, jadi bertahan untuk nonton. Apalagi lawan mainnya Kyoko fukada. Ceritanya tentang anak SMA yang rela menjual dirinya cuma untuk satu malam, demi mendapatkan uang untuk menonton konser Takeshi. Sialnya, ternyata dari satu malam itu, si gadis jadi ketularan HIV AIDS * waktu itu, penyakit ini benar-benar mengerikan, bahkan penderitanya dianggap kotor dan dijauhi oleh orang-orang * Parahnya lagi, nantinya si Takeshi ketularan juga * huhuhuhu *

Tapi, satu hal yang saya suka dari drama ini. Saya jadi lebih banyak belajar  dan mencari tahu mengenai HIV AIDS. Dan bahwasanya, penderita HIV AIDS bukanlah orang yang harus kita hujat, kita anggap kotor apalagi dijauhi. Lagipula, bukan mereka kan yang meminta penyakit tersebut.

dan ost nya… keren abiss..

11. GTO (Great Teacher Onizuka) (1998)

Kalau ini sih tidak usah diceritakan. Sepertinya, sampai sekarang gaungnya masih bisa dirasakan. Manga maupun animenya laku keras. Tentang sepak terjang seorang guru cowo bernama Onizuka.

12. Under the same roof or Hitotsu yane no shita

Kalo drama ini berkisah tentang 6 bersaudara yatim piatu yang tinggal di bawah satu atap alias serumah. Terdiri dari 4 cowok, Tetsuya, Masaya * yang jadi dokter * Kazuya dan Fumiya * yang berkebutuhan khusus * dan 2 cewe. dama ini bener-bener menonjolkan sisi kekeluargaan. Bisa dibilang drama kekeluargaan yang paling erat dan mengharu biru yang pernah saya tonton.

13. Anchor woman or News no onna

Drama ini ga boleh dilewatkan. Akhirnya, honami suzuki * rika akana di Tokyo love story * muncul lagi di layar dorama setelah sekian lama vakum. Ditambah lagi ada Hideaki takizawa * yang saat itu lagi ganteng-gantengnya * plus Kyoko Fukada yang lagi imutnya. Ceritanya sendiri cukup menarik, tentang pembawa berita yang punya anak tiri  * Takky * tadinya mereka ga saling suka, tapi ketika sang ayah meninggal, mereka terpaksa tinggal berdua dan saling mengenal satu-sama lain. Bahkan tadinya saya pikir, mereka bakal jadi suka satu sama lain  * thanks god engga * Scene yang paling memorable, waktu Takky ngebelaiin ibu tirinya saat konferensi pers * kalau ga salah inget ya *

14. Strawberry on the shortcake (2001)

Yang ini, musti banget ditonton. Apalagi buat penggemar Hideaki Takizawa dan Kyoko Fukada. Ceritanya sih standar, kisah cinta anak SMA. Yang engga standar adalah, Takky dan Kyoko adalah saudara. Eits, jangan salah kaprah dulu. Jadi, ibunya kyoko married with ayahnya Takky. Tidak lama, ibunya Kyoko meninggal. Jadi, sebenarnya mereka tidak ada hubungan apa-apa. Saya pribadi suka banget sama drama ini. Suka banget dengan alur ceritanya, dimana Takky mencintai Kyoko tanpa mengharapkan apapun. Mendekati akhir episode, Kyoko baru sadar kalau dia juga suka sama Takky, sampai-sampai dia tidak berani mengungkapkannya (* erbeda 100% dengan sifatnya yang sangat terus terang *

Yang saya suka adalah kisah dibalik judul drama ini. Jadi, ada percakapan antara Takky dan siapa ya cowo satunya * lupa mode on *  Nah, cowo itu bilang, kalau dia disuguhkan strawberry on the shortcake, dia akan langsung memakan buah strawberry, baru cakenya. Sementara Takky, kebalikannya, dia lebih suka memakan cake itu sedikit demi sedikit, baru terakhir buah strawberrynya. Terus cowo itu bilang, kalau Takky terus seperti itu, dia bisa kehilangan strawberrynya, karena bisa jadi orang lain memakan strawberry pada saat dia menghabiskan cakenya. Hehehe, ngerti ngga dengan perumpamaan di atas. Silakan intepretasikan sendiri.

15. 101 proposal or Kaime no proposal (1991)

Kalau dari segi pemain, memang sih tidak cakep. Tapi dari segi cerita, sangat cakep alias mengena di hati. Worth to watch till the end.

16. Love 2000

17. Just the way we are

Kalo Just The Way We Are tentang persahabatan 2 cewe dengan latar belakang yang berbeda.  Yumiko * anak orang kaya, orang kota, sopan, beradab * dan Kanna * anak orang miskin, dari desa, urakan, nakal * Mereka jatuh cinta dengan cowo yang sama. Kalau mau cerita tentang Best Friend Forever alias BFF, drama ini jagonya.

18. Anything for you (1992)

Drama paling mengharukan sepanjang masa. Kayanya lebih karena soundtracknya yang legend banget. Kisahnya hampir mirip dengan film Ghost. Jadi, sepasang kekasih terpisahkan karena sang cowo meninggal akibat tabrakan. Tapi, ternyata arwah si cowo dikasih kesempatan untuk mengucapkan selamat tinggal kepada sang cewe, dengan syarat menggunakan tubuh si penabrak. Bisa bayangin kan, dilemanya si cewe, karena cowo yang menabrak mati kekasihnya menjadi baik dan mengaku pacarnya.

19. Majo No Jouken (1999)

Ceritanya tentang seorang murid SMA (hideaki takizawa) yang suka sama gurunya. Pada akhirnya, mereka kabur * ya iyalah, siapa yang merestui kisah cinta guru dengan murdnya yang masih di bawah umur * dan menjalin cinta. Tapi, suatu ketika, terjadi kecelakaan, dan si guru menjadi koma. Beberapa tahun kemudian, si guru tersadar dan si murid tadi sudah menjadi dewasa, seorang dokter pula. And, happy ending ^^.

20. With you

Yang saya ingat cuma drama ini tentang email yang salah kirim alias nyasar.

21. Rindu-rindu Aizawa or Ie Naki ko (1994)

Kalau yang ini, kisah hidup aizawa yang sangat tegar. Keren banget ceritanya.

22. In the name of love

Drama ini sering disebut sebagai tokyo love story 2 hanya karena pemerannya Honami suzuki sama Yosuke eguchi. Kebetulan mereka berdua bermain di Tokyo love story. Padahal alur ceritanya sangat berbeda.

23. Let’s go to school

Drama yang mengisahkan seorang ibu guru muda yang menghadapi murid-muridnya yang nakal. Ceritanya kocak banget, ciri khas drama jepang yang diadaptasi dari anime.

24. Can’t take my eyes of you or Kimi no Hitomi ni Koishiteru 

Drama ini menceritakan tentang sepasang sahabat, 2 cewe, 2 cowo. Mereka tinggal sebelahan di apartemen, cewe utama namanya megumi, yang cowo namanya ken suzuki. Ken suka sama megumi, tapi megumi ternyata suka sama teman sekamarnya, ken.

25. Furikaereba Yatsu Ga Iru

yang saya ingat dari drama ini, yang main si Oda (Kanji) dari Tokyo love story

99 thoughts on “Nostalgia 25 Drama Jepang Tahun 90-an hingga awal 2000-an

  1. Akhirnya ketemu juga judulnya. Anything for You. Dulu inget nntn episode awal pas masih bocah tapi ga tau judulnya apa pas skrg dah tua dan penasaran Pengin nntn lagi.

    Suka

  2. Dulu, sesudah Oshin selesai tayang ada dorama tentang perempuan bernama Rin tachibana yg jatuh cinta kepada gurunya bernama (pak Matsunami).
    Rin tachibana ini katanya adalah cikal bakal wartawan wanita pertama di Jepang.
    Aku suka bgt dorama itu soalnya ceritanya lebih ringan dan ceria gak kayak Oshin yg bikin stres.
    Tapi kenapa ga ada satu pun yg inget dorama itu ya, aku penasaran judulnya apa soalnya di tv judulnya di ganti jadi ORIN.

    Suka

  3. mau tanya judul drama jepang yg ceritanya itu ada cowok yang pernah kasih hadiah kaktus mini ke cewek, pernah di tayang di TV juga dah lama banget..

    Suka

    • Sama kak, aku jg nyari film ini jdulnya apa ya? Dulu suka bgt nnton pas masih SD ceritanya bagus bgt. Ttg sodara kembar cwek anak pnjual tahu. Tp yg satu cntik langsing yg satu gemuk. Suka sama cwok yg sama, ternyata si cwo milih cwe yg gemuk.

      Suka

  4. Ada yg tahu nggak judulnya apa?
    Dulu pernah ntn drama jepang, klo g salah ceritanya tentang 3 orang cewe ma 3 orang cowo yg ngaku2 kaya. Kayaknya yg cewe jualan balon yg cowo jd badut (entahlah, ga bgitu ingat). Nama cewenya akiko watanabe, misa, sama takako.

    Suka

  5. mungkin ada yang masih ingat judul asli film drama asia di TPI tahun 1997 “Judulnya Kau Tercipta Untukku” soundtracknya “Ternyata” oleh Rudiath

    Suka

  6. Q pernh ntn drama jepang dlu di TVRI cuma g tau judulx apa.karna ingetx dlu judulx diindonesiakan.klo ga salah liku-liku wanita karir karir..drama sekitar tahun 1999an .sampe sekarang pngen banget ntn lg.krn dlu g ntn smpe ending.ceritax tentang 2 org cwe yg bekerja dikantoran memperebutkan 1 org cwo populer dikantorx.nah pmeran utama cwex ini ceritax dia punya wajah yang jelek,dan cantik hanya karna bantuan make up.sdgkn cwe 1x modis dan cantik lrn operasi.ada yg prnh ntn atau tau g judulx apa?

    Suka

Tinggalkan komentar