Nostalgia 25 Drama Jepang Tahun 90-an hingga awal 2000-an

Boleh dibilang, saya ini pecinta drama. Mau dalam bentuk film, mini seri, video klip, ataupun buku cerita. Drama Asia terutama, drama yang menurut saya paling mengharu biru. Bukan hanya dari plotnya saja, tapi juga dari soundtracknya, lokasinya, wardrobe-nya dan banyak lainnya.

Nah, drama Jepang alias dorama, merupakan salah satu dari sekian jenis drama yang membuat saya jadi makin mencintai drama. Mulai dari drama keluarga sampai drama yang konyol dan lucu, yang biasa diadaptasi dari anime Jepang.

Nah, jangan bilang kalo kamu dorama lover kalo belummenonton dorama tahun 90an yang epic banget. Kalau saya pribadi, drama tahun 90-an hingga awal 2000-an yang paling melekat di ingatan ya seperti di bawah ini.

1. Oshin (1983)

Walaupun bukan drama tahun 90-an tapi saya ingat drama ini diputar kembali di Indonesia, di TVRI tepatnya, tahun 90-an * ga inget juga tahun berapa saking udah lamanya * Ceritanya seputar kehidupan seorang gadis bernama Oshin. Ketika saya bilang kehidupan, ini artinya benar-benar kehidupan Oshin seutuhnya. Bayangkan, dari Oshin baru lahir, kecil, remaja, dewasa, samapi jadi nenek-nenek * pfiuuuh… *

2. Tokyo Love Story (1991)

Kalau Tokyo Love story ini berputar pada cerita cinta Kanji dengan Rika Akana. Suka banget sama tokoh Rika yang ‘bubbly’ banget. Sebel banget sama Kanji yang ga bisa nentuin pilihan, sampe akhirnya udah telat.

3. Ordinary People or Asunaro White Paper (1992)

Seingat saya, ini kisah tentang persahabatan anak kuliahan. Cowo utamanya adalah Kakei. Kakei suka sama Narumi * kalau ga salah * tapi karena ada cewe lain yang ga bisa ditinggalin sama Kakei, jadinya mereka ga bisa bersatu. Yang paling aku inget pas scene malam natal. Narumi nungguin Kakei, sampai akhirnya dia malah jadian sama cowo lain. Di pagi harinya, Kakei datang… * aaah tidakkk * Yang bikin saya ga lupa sama drama ini karena soundtracknya yang mengharu biru.

4. Love is a wonderful thing or suteki na kataomoi (1990)

Kalau ini ceritanya lucu banget. Seingat saya, nomo kenalan sama cewe. Nah, cewe itu menyuruh temannya, buat pura-pura jadi dia dan terus berhubungan sama nomo lewat telepon. Di dunia nyata, cewe yang pura-pura tadi dan nomo saling kenal bahkan berteman. Ga disangka, ternyata si nomo ini suka sama cewe yang pura-pura tadi. Scene yang paling saya ingat pas nomo makan-makan bareng sama si cewe tadi dan 1 cowo yang suka sama cewe itu. Trus, pas dia disuruh kasi selamat karena mereka jadian, nomo meremas kaleng minuman yang dia pegang di bawah meja * karena dia suka sama cewe itu * ceritanya bagus banget deh. teringat juga sama latar belakang drama ini, yaitu toko mainan.

5. Beautiful  Life (2000)

Drama yang main Takuya Kimura. Samar-samar inget scene dimana Takuya jadi tukang potong rambut (hairstylist). Iya bukan ya?

6. Long Vacation (1996)

Kalo ini yang saya ingat hanya takuya Kimura jadian sama cewe yang tinggal seatap sama dia. Namanya Minami dan umurnya lebih tua dari dia. Scene yang samar-samar teringat adalah pas mereka main basket sama pas minami pake pakaian pengantin tradisional Jepang * waktu itu minami lagi mau ngapain ya? lupa *

7. Tokyo Cinderella story

Hmm.. yang satu ini, suka sama soundtracknya. Suka juga si sama ceritanya. Persis seperti Cinderella lah. Si cowo tampan dan kaya jatuh cinta sama cewe biasa. Disini, yang paling saya inget adalah payung merah. Payung itu muncul di episode awal dan akhir. Payung yang dikasi sang cewe ke cowonya ^^.

8. Love Generation (1997)

Nah, kalo ini.. Teppei. Khas banget nama itu. Masih dengan Takuya Kimura yang lagi ngehits banget. Waktu nonton, sering sebel sama Takuya karena masih aja stuck sama cinta pertamnya yang notabene pacar kakanya. arrrr.. untung akhirnya happy ending. Suka banget sama scene pas teppei berusaha menuhin janji untuk ketemuan di puncak gunung * kalo ga salah * tapi dia datengnya telat. Tapi jangan khawatir, it is happy ending though.

9. Itazura Na kiss (1996)

Siapa yang ga kenal Itazura na kiss. Apalgi sekarang drama ini sudah diadaptasi ke drama korea dan dirilis ulang oleh jepang. Jujur, pas nonton drama ini, ga suka banget sama cewenya karena ga cakep * maklum, saya masih kecil, jadi masih mentingin tampang * Sementara cowonya cakep bukan main, perfect kalo kata orang mah * sekali lagi, saya masih kecil waktu itu * Karena drama ini diadaptasi dari manga (komik Jepang), bahkan ada animenya pula, jadi drama ini sangat menghibur. Dijamin banyak kekocakan dan keanehan didalamnya.

10. Kamisama, mou sukoshi dake or God give me more time (1998)

Sebenernya tidak terlalu suka drama yang satu ini karena ceritanya. Tapi karena ada Takeshi Kaneshiro yang waktu itu masih guanteng abis, jadi bertahan untuk nonton. Apalagi lawan mainnya Kyoko fukada. Ceritanya tentang anak SMA yang rela menjual dirinya cuma untuk satu malam, demi mendapatkan uang untuk menonton konser Takeshi. Sialnya, ternyata dari satu malam itu, si gadis jadi ketularan HIV AIDS * waktu itu, penyakit ini benar-benar mengerikan, bahkan penderitanya dianggap kotor dan dijauhi oleh orang-orang * Parahnya lagi, nantinya si Takeshi ketularan juga * huhuhuhu *

Tapi, satu hal yang saya suka dari drama ini. Saya jadi lebih banyak belajar  dan mencari tahu mengenai HIV AIDS. Dan bahwasanya, penderita HIV AIDS bukanlah orang yang harus kita hujat, kita anggap kotor apalagi dijauhi. Lagipula, bukan mereka kan yang meminta penyakit tersebut.

dan ost nya… keren abiss..

11. GTO (Great Teacher Onizuka) (1998)

Kalau ini sih tidak usah diceritakan. Sepertinya, sampai sekarang gaungnya masih bisa dirasakan. Manga maupun animenya laku keras. Tentang sepak terjang seorang guru cowo bernama Onizuka.

12. Under the same roof or Hitotsu yane no shita

Kalo drama ini berkisah tentang 6 bersaudara yatim piatu yang tinggal di bawah satu atap alias serumah. Terdiri dari 4 cowok, Tetsuya, Masaya * yang jadi dokter * Kazuya dan Fumiya * yang berkebutuhan khusus * dan 2 cewe. dama ini bener-bener menonjolkan sisi kekeluargaan. Bisa dibilang drama kekeluargaan yang paling erat dan mengharu biru yang pernah saya tonton.

13. Anchor woman or News no onna

Drama ini ga boleh dilewatkan. Akhirnya, honami suzuki * rika akana di Tokyo love story * muncul lagi di layar dorama setelah sekian lama vakum. Ditambah lagi ada Hideaki takizawa * yang saat itu lagi ganteng-gantengnya * plus Kyoko Fukada yang lagi imutnya. Ceritanya sendiri cukup menarik, tentang pembawa berita yang punya anak tiri  * Takky * tadinya mereka ga saling suka, tapi ketika sang ayah meninggal, mereka terpaksa tinggal berdua dan saling mengenal satu-sama lain. Bahkan tadinya saya pikir, mereka bakal jadi suka satu sama lain  * thanks god engga * Scene yang paling memorable, waktu Takky ngebelaiin ibu tirinya saat konferensi pers * kalau ga salah inget ya *

14. Strawberry on the shortcake (2001)

Yang ini, musti banget ditonton. Apalagi buat penggemar Hideaki Takizawa dan Kyoko Fukada. Ceritanya sih standar, kisah cinta anak SMA. Yang engga standar adalah, Takky dan Kyoko adalah saudara. Eits, jangan salah kaprah dulu. Jadi, ibunya kyoko married with ayahnya Takky. Tidak lama, ibunya Kyoko meninggal. Jadi, sebenarnya mereka tidak ada hubungan apa-apa. Saya pribadi suka banget sama drama ini. Suka banget dengan alur ceritanya, dimana Takky mencintai Kyoko tanpa mengharapkan apapun. Mendekati akhir episode, Kyoko baru sadar kalau dia juga suka sama Takky, sampai-sampai dia tidak berani mengungkapkannya (* erbeda 100% dengan sifatnya yang sangat terus terang *

Yang saya suka adalah kisah dibalik judul drama ini. Jadi, ada percakapan antara Takky dan siapa ya cowo satunya * lupa mode on *  Nah, cowo itu bilang, kalau dia disuguhkan strawberry on the shortcake, dia akan langsung memakan buah strawberry, baru cakenya. Sementara Takky, kebalikannya, dia lebih suka memakan cake itu sedikit demi sedikit, baru terakhir buah strawberrynya. Terus cowo itu bilang, kalau Takky terus seperti itu, dia bisa kehilangan strawberrynya, karena bisa jadi orang lain memakan strawberry pada saat dia menghabiskan cakenya. Hehehe, ngerti ngga dengan perumpamaan di atas. Silakan intepretasikan sendiri.

15. 101 proposal or Kaime no proposal (1991)

Kalau dari segi pemain, memang sih tidak cakep. Tapi dari segi cerita, sangat cakep alias mengena di hati. Worth to watch till the end.

16. Love 2000

17. Just the way we are

Kalo Just The Way We Are tentang persahabatan 2 cewe dengan latar belakang yang berbeda.  Yumiko * anak orang kaya, orang kota, sopan, beradab * dan Kanna * anak orang miskin, dari desa, urakan, nakal * Mereka jatuh cinta dengan cowo yang sama. Kalau mau cerita tentang Best Friend Forever alias BFF, drama ini jagonya.

18. Anything for you (1992)

Drama paling mengharukan sepanjang masa. Kayanya lebih karena soundtracknya yang legend banget. Kisahnya hampir mirip dengan film Ghost. Jadi, sepasang kekasih terpisahkan karena sang cowo meninggal akibat tabrakan. Tapi, ternyata arwah si cowo dikasih kesempatan untuk mengucapkan selamat tinggal kepada sang cewe, dengan syarat menggunakan tubuh si penabrak. Bisa bayangin kan, dilemanya si cewe, karena cowo yang menabrak mati kekasihnya menjadi baik dan mengaku pacarnya.

19. Majo No Jouken (1999)

Ceritanya tentang seorang murid SMA (hideaki takizawa) yang suka sama gurunya. Pada akhirnya, mereka kabur * ya iyalah, siapa yang merestui kisah cinta guru dengan murdnya yang masih di bawah umur * dan menjalin cinta. Tapi, suatu ketika, terjadi kecelakaan, dan si guru menjadi koma. Beberapa tahun kemudian, si guru tersadar dan si murid tadi sudah menjadi dewasa, seorang dokter pula. And, happy ending ^^.

20. With you

Yang saya ingat cuma drama ini tentang email yang salah kirim alias nyasar.

21. Rindu-rindu Aizawa or Ie Naki ko (1994)

Kalau yang ini, kisah hidup aizawa yang sangat tegar. Keren banget ceritanya.

22. In the name of love

Drama ini sering disebut sebagai tokyo love story 2 hanya karena pemerannya Honami suzuki sama Yosuke eguchi. Kebetulan mereka berdua bermain di Tokyo love story. Padahal alur ceritanya sangat berbeda.

23. Let’s go to school

Drama yang mengisahkan seorang ibu guru muda yang menghadapi murid-muridnya yang nakal. Ceritanya kocak banget, ciri khas drama jepang yang diadaptasi dari anime.

24. Can’t take my eyes of you or Kimi no Hitomi ni Koishiteru 

Drama ini menceritakan tentang sepasang sahabat, 2 cewe, 2 cowo. Mereka tinggal sebelahan di apartemen, cewe utama namanya megumi, yang cowo namanya ken suzuki. Ken suka sama megumi, tapi megumi ternyata suka sama teman sekamarnya, ken.

25. Furikaereba Yatsu Ga Iru

yang saya ingat dari drama ini, yang main si Oda (Kanji) dari Tokyo love story

71 thoughts on “Nostalgia 25 Drama Jepang Tahun 90-an hingga awal 2000-an

  1. Wow. Nice article
    Ada 1 film yg masih bikin aku penasaran. Karena waktu nonton film tsb, gara2 aku terbangun tengah malam. Dulu disiarin di rcti. Yg masih aku inget ceritanya si anak itu nangis gara2 dibuang/ditinggal sama ibu dihutan dengan memakai topeng “hannya”. Ada yg tau film tsb? Makasih mbak

    Like

  2. Hi mbak.. bunch of thanks untuk info filmnya 😊
    Aku sampe skrg masih penasaran sama judul film yg ceritanya tentang cewe yg hidup di jaman modern sama cowo yg hidup dijaman dulu tp disatu tempat yg sama. Mereka saling kenal karena hp si cewe jatuh ke blackhole yg ternyata itu dunia masa lalu di tempat yg sama. Terus hpnya ditemuin sama si cowo. Mereka komunikasinya lewat hp si cewe ini. Pernah tau ga film ini? 😁
    Thank youuu

    Like

  3. Halo mbak, ada satu soundtrack drama/film jepang yg saya penasaran banget.
    Dulu pernah diputar di TV, sepertinya di Indosiar. Tahun berapa dan ceritanya pun saya ngga ingat karena waktu itu masih kecil banget.
    Kalau ngga salah yg main Takeshi Kaneshiro (kemungkinan benar 20%), di situ dia pake kacamata.
    Lagunya yg nyanyi duet cewek dan cowok, tapi ngga tahu itu band atau bukan.
    Mungkin kepikiran drama/film atau lagu apa itu, mbak? Hehehe.. Saya masih penasaran sampai sekarang.
    Makasih banyak ya.

    Like

  4. aaa makasih banyak yaa, akhirnya aku nemu dorama yang aku tonton di indosiar waktu aku kelas 6 sd dulu “Great Teacher Onizuka”.
    aku lupa sama judulnya tapi aku inget cerita sama wajah pemainnya.
    butuh lama banget buat nyari dan inget dorama apa yang aku tonton waktu itu, dan akhirnya sekarang aku tau dan inget! makasih banyak yaa

    Like

  5. Ada yang masih inget dorama yang ceritanya itu cewek namanya Sakura yang ayahnya punya toko kue dan setiap kue yang mereka jual tradisi setiap musimnya berbeda2.
    Dan kue2 kaya mochi2 nya tuh artistik bgd… Cantik2 banget kue2nya…
    Aq bener2 lupa judulnya…
    Pleaseeeee kalau yang tau reply ya 😍😍😍

    Like

  6. Duuuuh…inget oshin ketika masih sekolah dasar di tvri,inget tokyo love story masih smp di indosiar, ordinary people, just the way we are, i can’t take my eyes of you, anythings for you plus putar ulang tokyo love story pas SMA..saya mencatatnya di diary dan tulisannya pun masih ada..alhamdulillah jaman sekarang serba mudah untuk melihatnya kembali, terima kasih untuk ulasannya mba..

    Like

  7. Mau tanya dong ada serial dorama tahun 90 an pilu bgt kisahnya gw sampai bengkak matanya wktu kecil,,, di filmnya ada gadis kecil kalo gk salah isuzu namanya dia sama anjingnya pas ngerayain ulang tahun yg cuman bisa pake korek api gitu ,, JUDUL film nya apa sih itu. Penasaran sekali !!!

    Like

  8. Salam kenal mba mely. Thanks info nya..jadi rise memory he..he. Memang sesuatu bgt ya film drama jepang jaman dulu. Saya dan kakak perempuan saya dulu suka nonton bareng2 jaman2 smp thn 96. Suka bgt film Love is wonderfulthing (kocak film nya), under the same roof

    Like

  9. Mau nanya doonk…aad yg ingt g dorama yg alur cerita ny tuhh klo g slh nama yg cwo tuh kai yg cwe lupa..tu film ad ny dii tahun 2005 atau 2006…cerita nya sii cwe stiap megang liontin kalung bunga persik bisa pindah temppat trus bsa msuk ke raga si cwoo…endinng ny sii cwe ilang ninggalin kalung j bbuat yg cwo..ad yg tau g judul dorama ny ap??soalny udh di cari2 mshh blm ktmu jg..

    Like

  10. assalamu’alaikum..numpang nanya sist, saya nggak tau judul filmnya, plotnya juga nggak ingat semua, soalnya nontonnya wktu masih kecil bgt, blm skolah TK. critanya tentang kisah cinta anak muda, trus mrka prgi hiking gtu, nah, si cewek ama cwok ini kesasar berdua.klo gk salah endingnya sad ending, tp yg plg brkesan crita wktu mreka lg di puncak(gunung) kira” apa jdulnya yh sist? thank’s in advance for referensinya

    Like

  11. Makasih buat postingannya. Cuman ada satu drama yang pernah diputar di te-pe-i. Yang keingat sich dua bersaudara perempuan (lupa kembar ato gak) tapi yang tomboy tu jago main shogi(catur jepang). Kira-kira tau gak judulnya?

    Like

  12. ada yg tauu gak ya judul fil jepang lama ini.m critanya tiga saudari.. yg oertama sdh cerai, yg kedua dan ketiga punya pacar.. kl gak salah pacarnya saudari kedua dan ketiga suka ama yg pertama.. ada yg tahu

    Like

  13. bagus blog nya.. mau tanya ada yg tau judul drama jepang tahun 90 an dulu kalo ga salah sering d tanyanginnya kalau habis lebaran. tv nya lupa antara indosiar ato rcti. klo ga salah ceritanya tentang persahabatan 4-6 org klo ga salah, haruhh lupa. suara musik harmonica nya sampe skrg masi terngiang-ngiang…

    Like

  14. Kalo drama jepang yg si cowok penulus dan pembuat lagu sering chatting/email dengan cewek karyawan dengan nama samaran, itu judulnya apa ya?

    Like

  15. Iya jd kangen film2 jepang zaman itu.rasanya betah banget dirumah mantengin tuh tv. Waktu itu drama jepang msh kental banget.tp klo dulu itu mnrtku film2 apapun bgus.mulai dri drama indonesia,barat,india,,jepang,korea,china ( paling inget vampire ) , kartun2nya bagus2 banget ( jd pingin balik lg..doraemon keluarkan pintu ajaibmu..hehe) musik jg. itu seimbang banget dri yg anak2 sampe dewasa.pokoknya beda banget sm skrg
    Berdoa supaya film2 jadul era2 itu bisa ditayangin lg di tv ( ngarep ^_^ )
    Amin

    Like

  16. suteki na kataomoi itu yang ceritanya tokoh tinggal di aprtemen yg sebrang2an bukan sih? Yg ada kiss scene di stasiun, lupa…

    Klo lets go to school paling inget di opening lagu nya ada adegan guru cwe nya terbang2/loncat2, hahaha…

    Nyari futarikko susah bgt, dulu sempet nemu potongan2 scene nya di youtube, tp skarang udh ga ada lagi, hiks.. kangen adegan kyoko lari ke dermaga trus loncat ke laut, ditolongin ama moruyama shiro, itu lautnya keren, pemandangan dr atas stasiun yoroi ke arah dermaga indah bgt.. selain scene main shogi, paling inget ya ending scene di stasiun yoroi itu..

    Like

  17. Maaf ni, ada yang ingat gak drama yang pernah tayang d TVRI (lupa tahun kapan) ceritanya ada cewek A (kalo gak salah karyawan). Cewek A ini kalo gak dandan jelek banget, tp kalo dandan cantik. Dia suka sama cowok, tapi cowoknya suka sama cewek B (teman kerja cewek A). Cewek B dan cowok berencana menikah tapi cewek B mengetahui bahwa cowok botak sehingga mereka tidak jadi menikah dan cowok berbalik ke cewek A karena cewek A sangat mencintainya.
    Dari adegan film ini yang paling aku ingat pas ada lomba apa gitu, semua peserta cewek berpenampilan paling cantik tapi cewek A tampil dengan apa adanya yaitu dengan seragam kerjanya.
    Mohon informasinya ya, aku lupa judulnya.
    Terimakasih

    Like

  18. Ahahaha.. puluhan tahun penasaran, akhirnya tau juga judulnya “Anything for you”. bener-bener ngenes tuh endingnya. huhuhu
    thanks ^^

    Like

  19. Mau tanya nih..
    Saya sdg cari film jadul jepang tentang kisah 2 adik kakak yang sama2 pemain voli sekolahnya.
    Dulu waktu kecil saya nonton nya kira2 tahun 1988 1989, dulu saya nonton di TV Malaysia, Tv3 atau Tv1, lupa saya.
    Ada yang bisa bantu saya ?

    Like

      • @surya terus terang kemarin gw entah kenapa kerasa ada De JAvu di pikiran kok gw harus nemu Dorama ini akhirnya gw search di google tdk ketemu & yg ketemu pertama adlh wonderful world (suteki na Katamoi, ni dorama gw nyesel gak nonton eps terakhirnya, karena wktu itu gw pas liburan sekolah kelas 4 SD & eps terkhirny tayang di hari senen, gw dh download tp gk nemu sub englishnya)tp gw kerasa ada 1 dorama volly & belum ketemu, setelah gw baca blog ini sampe bawah baru gw ketemu jawabnya, Thanks @melly, gw nonton dorama ini di TV 3 sekitar jam 3an sore, nth kenapa pikiran gw balik lg ke masa lalu setelah gw lihat di youtube

        Like

  20. Aku yg paling membekas sampe sekarang tuh Long Vacation, Takuya Kimura (masih) cakep binggo. Sampe diliat terus dorama-nya gak bosen deh… Oh ya dulu ada juga Futarikko, yang ada 2 anak kembar cewek tapi beda kepribadian, diputer di TPI dulu waktu sore… *ah, jadi kangen dorama2 di TV

    Like

    • @okta rp Bener2. Dulu tuh takuya kimura paling ngehits. Bisa dibilang won bin nya Jepang. Prasaan smua dorama yg ada takuya nya lgsng hits dan ga ktinggalan ditonton.

      Like

  21. Ada yg tau link/ web yg bisa buat nonton doarama yg judulnya anything for you ? Saya nyari di goodrama.net tp gak ada.. Makasih sebelumnya

    Like

  22. Mau tanya aq lupa judul dorama yg taunya via telp aj, tapi padahal tetangganya sendiri itu lo, judulnya apa ya. yg endingnya di malam natal

    Like

  23. Duuhh tnkz bgt nih uda ngobatin kangen sm dorama jadul.yg ga prnh lupa cerita tokyo love story n long vacation.untung dpt sountrack’y hsl googling sana sini heee..
    N satu lg.just the way we are.nyari2 soundtrack sub indo susah ya.coz dl di indosiar ada

    Like

  24. aaaahhh thanks bangettt infonyah. dr kmrn penasaran ama judul2 dorama taun 90an diindosiar. ada 2 lupa ternyata judulnya lets go to school ama love is a wonderfull thing (yg inget cuma nomonya doang). ampe puyeng ngegoogling dr kmrn cuman nyari judulnya hahahaaa

    Like

    • You’re welcome. Lah mendingan diriku , masih inget namanya nomo. Awal2, aku cuma inget ceritanya doank ama samar2 sebagian scene2 nyah. Aahh jadi pengen nonton lagi deh. Daripada nonton sinetron jaman skrg #peace ya sinetron#

      Like

  25. Aq suka bgt sama drama with you… pernah dsiarin di indosiar duluuuu… nah tapi sebelum drama with you ada juga drama yg lain tp yg q ingat mpe skrg cm backsound nya la la la la la la… huhuhu mpe skrg msh penasaran judul drama nya apa.. huhuhu 😭

    Like

    • Wadow.. Kalo cuma inget la la la la la la.. Agak susah ya nyarinya. Ceritanya kaya gimana tuh? Seinget aku yg ost nya ada la la la la la ya yg main si takuya kimura itu

      Like

  26. ah.. jadi inget jaman2 dulu ntn indosiar. oh iya, mau nanya di mana ya bisa ntn free online Anything for you/ Kimi no tame ni dekiru koto? di tempat saya ga ada yg jual dvd nya juga. huhuhu

    Like

  27. ya ampun ,, makasih banyak infonya ..
    sekian lama cari judul drama yang cowonya ketabrak dan masuk kebadan si penabrak
    akhirnya nemunya disini
    makasih makasih banyakk ..

    Like

    • Duh asikk banget nemu blog ini :), btw saya memang nyari drama “let’s go to school”.. Di YouTube kok muncul nya drama Korea ya.. 😥😥

      Like

      • Karena emang ada drakot let’s go to school. Mengingat drakor lg bolming yaa, pastinya muncul jd top search. Coba nanti cari judulnya yg dlm bahasa jepang

        Like

Leave a Reply

