Bakmi Gang Kelinci Favorit Keluarga

Jalan Kelinci Raya, Pasar Baru, Jakarta Pusat

Jalan Kelinci Raya, Pasar Baru, Jakarta Pusat (Photo credit: Wikipedia)

Siapa orang Jakarta yang tidak mengenal bakmi gang kelinci. Jangankan bakminya, gang Kelinci nya pun sudah sangat terkenal, sampai-sampai ada lagunya (tante Titik Puspa kalo ga salah yang nyanyiin). Anyway, Bakmi gang kelinci ini salah satu restoran favorit keluarga saya. Terlebih lagi adik saya yang motto makannya kebetulan sama dengan motto Bakmi Gang Kelinci yaitu, ENAK, MURAH, dan BANYAK.

Bersama sepupu, menikmati es longan yang nikmat

Awalnya, saya makan bakmi ini di salah satu cabangnya yang sudah tersebar di mall-mall besar di Jakarta. Tapi, karena penasaran, akhirnya saya kesampaian juga mencicipi bakmi ini di tempat asalnya bermula, yaitu di gang kelinci, Pasar Baru. Sekali makan keenakan, dua kali makan, ketagihan. Jadilah, saya googling si Bakmi Gang Kelinci ini karena rasa penasaran yang amat sangat.

Ternyata, Pada tahun 1957, Bapak Hadi Sukiman menjual bakmi dengan menggunakan sebuah gerobak sederhana di Jl. Pintu Besi Pasar Baru, di depan Globe Theater (Moyen).

Pada tahun 1962, gerobak itu dipindahkan ke Jl. Belakang Kongsi No. 16 Pasar Baru. Saat itu, bakmi Bapak Hadi ini lebih dikenal dengan nama Bakmi Gang Kelinci (BGK) atau Bakmi si Jangkung (mungkin Bapak Hadi Sukiman itu tinggi alias jangkung yah)

Pada tahun 1978, BGK pindah ke lokasi baru yang berjarak 15 meter dari lokasi sebelumnya. HAl ini dikarenakan, pelanggan BGK sudah banyak, sehingga dibutuhkan tempat yang luas dan nyaman untuk para pelanggan setia BGK.

Pada tahun 1987, BGK mulai mengembangkan sayapnya dengan cabang pertama di Jl. Wijaya, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Sekarang, sudah ada 8 cabang Bakmi Gang Kelinci yang tersebar di seluruh Jakarta.

Es Longan: jelly + biji selasih + buah leci

Nasi goreng omelet (atas) dan mie ayam pangsit kuah (bawah). Yummy!!!

Jadi seperti itulah kira-kira sedikit sejarah BGK. Nah, dari semua makanan dan minuman di BGK. Yang menjadi favorit saya dan keluarga tidak lain dan tidak bukan, ya bakmi ayam. Selain itu, ada juga nasi goreng omelet, ayam kuluyuk, udang goreng asam manis dan es longan. Mama saya bilang, mie ayam BGK sangat enak, bahkan lebih nikmat jika dimakan tanpa tambahan saos atau sambal. Intinya, sedap banget deh mie ayamnya. Recommended banget.

Mie ayam jawara Gang Kelinci favorit mama.

Mie ayam jawara Gang Kelinci favorit mama.

Advertisements

One thought on “Bakmi Gang Kelinci Favorit Keluarga

  1. Pingback: Nikmatnya Mie Ayam Fatmawati | my30uplife

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s