My top 25 Telenovela

Entah kenapa, tiba-tiba teringat kata telenovela. Lalu mulailah mencoba mengingat kembali, “Apa aja ya telenovela yang pernah saya tonton dulu?”  * udah hampir lupa. * Maklum, jaman telenovela sedang booming-boomingnya, ketika jaman saya SD-SMP * sebagian kalian pasti belom pada lahir ya. *  Waktu itu, belum ada tuh yang namanya sinetron, dorama, apalagi kdrama. Satu-satunya saingan telenovela waktu itu hanyalah drama India, macam Mahabarata. Waktu itu pun, telenovela tidak disiarkan striping seperti sekarang. Setiap 1 minggu cuma 1 episode. Alhasil, saya selalu menanti-nanti kedatangannya.

Anak jaman sekarang  * yang lahir tahun 90an sampai 2000an * mungkin tidak mengenal telenovela. Mereka lebih mengenal kdrama atau dorama atau taiwanese drama.

Telenovela, menurut kamus besar bahasa indonesia, berarti novel yang ditayangkan di layar televisi, biasanya dibagi menjadi beberapa episode. Tetapi bagi saya, telenovela lebih seperti drama yang bertele-tele alias jalan cerita yang terlalu panjang dan terkadang mengular ke mana-mana. Makanya, telenovela umumnya mencapai 80-100 episode.

Bayangkan, pada waktu itu, hanya 1 episode/minggu, betapa lamanya saya harus menanti untuk mengetahui akhir ceritanya. Belum lagi, pengambilan gambar seringkali hanya menonjolkan bagian wajah. Jadi 1 layar televisi, sebagian besar, yang tampak hanya wajah para pemainnya. Berbeda 100 derajat dengan kdrama atau dorama, yang secara total memperlihatkan keseluruhan aspek drama  * seperti pemandangan, furniture, atau wardrobe. *

Terlepas dari semua kekurangan telenovela, saya tidak akan pernah lupa betapa ia telah menjadi bagian dari kehidupan saya. Bisa dibilang, menjadi perintis sehingga pada akhirnya, saya menyukai drama, baik itu sinetron, dorama, kdrama, cdrama, atau taiwanese drama.

So, here is some of telenovelas * from my era *

1. Rosa Salvaje a.k.a Rose (1987)

Bisa dibilang telenovela ini adalah yang pertama bagi saya. Setiap kali menontonnya, saya teringat akan kisah cinderella ataupun candy-candy (manga). Di mana gadis miskin jatuh cinta pada pria kaya, dan kemudian sang gadis di make over sehingga menjadi cantik dan memikat si pria. Dulu suka banget sama soundtracknya. Plus kayanya ini kali pertama saya anggap pria berkumis itu tampan * selain alm. bapa saya tentunya*

2. Kassandra (1991-1992)

  • Corraima Torres – Andreina Arocha
  • Osvaldo Rios – Ignacio Contreras

3.  Maria Mercedes (1992)

4. Maria Celeste (1994)

  • Sonya Smith – María Celeste Paniagua
  • Miguel de Leon – Santiago Azpurua

5. Corazon Salvaje (1993)

Ini adalah salah satu telenovela yang paling saya suka. Yang paling saya betah menontonnya, menunggu datangnya setiap episodenya. Dari telenovela inilah saya jatuh cinta sama pria-pria berkulit gelap * sebelumnya kan sama pria berkumis yaaa di Rosa salvaje. * macam Eduardo Palomo. Ditambah lagi dengan karakternya sebagai Juan, yang cool banget * kulkas kali yee * dan perlahan-lahan jatuh cinta sama Monica. Aah, pokoknya ini telenovela mengharu-biru dan wajib tonton. Settingannya yang masih aAmerika Latin jaman dulu, makin membuat telenovela ini menarik untuk ditonton * sst… tapi ini untuk dewasa ya. Belum lama mencoba nonton di youtube,  eh eh baru tahu kalau telenovela ini ternyata buanyak banget sensorannya ya dulu.. hahahaha *

images1

6. Marimar (1994)

  • Thalía – Marimar ‘Bella’ Pérez Aldama
  • Eduardo Capetillo – Sergio Santibáñez

Yang menjadi ciri khas telenovela ini adalah, marimar di awal episode penampakannya awut-awutan dan bersahabat baik dengan seekor anjing bernama pulgoso. Di akhir-akhir episode, marimar menjelma menjadi gadis kaya nan cantik rupawan. paling ingat sama soundtracknya yang dinyanyikan oleh Thalia, “Marimar…aawww….!”

7. Acapulco Bay (1995)

  • Raquel Gardner – Raquel Swanson
  • Tony Newman – Tony Stockdale

8. Maria La Del Barrio a.k.a maria cinta yang hilang (1995)

  • Thalia –  María Hernández
  • Fernando Colunga –  Luis Fernando de la Vega

9. Lazos De Amor a.k.a Kemelut Cinta (1995)

  • Lucero – Maria Guadalupe/ maria Fernanda/ Maria Paula Rivas Iturbe
  • Jose Luis Santader – Nicholas Miranda

10. Morena Clara a.k.a Si Cantik Clara (1995)

  • Astrid Carolina Herrera – Clara Rosa Guzman
  • Jose Luis Santader – Valentin Andara/ Nicholas

11. Manantial (1996)

  • Astrid Carolina Herrera
  • Luis Mesa

12. La viuda de Blanco (1996)

  • Osvaldo Rios – Diego Blanco Albarracín
  • Maria Helena Doering – Alicia Guardiola

La20viuda20de20Blanco

13. Marisol (1996)

  • Erika Buenfill – Marisol Garcés del Valle
  • Eduardo Santamarina – José Andrés Garcés del Valle

n60833661017_6293

14. Mi Querida Isabel a.k.a Isabel (1997)

  • Karla Alvarez – Isabel
  • Ernesto laguardia – Luis Daniel Márquez Riquelme

15. Ezmeralda (1997)

  • Leticia Calderón – Esmeralda Rosales / Esmeralda Peñarreal de Velasco
  • Fernando Colunga – José Armando Peñarreal de Velasco

16. Rosalinda (1999)

  • Thalía – Rosalinda
  • Fernando Carrillo – Fernando José

17. La Mentira (1998)

  • Kate del Castillo – Veronica Fernández-Negrete
  • Guy Ecker – Demetrio Azúnsolo

18. La Usurpadora a.k.a Cinta Paulina (1998)

  • Gabriela Spanic – Paula Bracho/ Paulina
  • Fernando Colunga – Carlos Daniel Bracho

19. Por Tu Amor (1999)

  • Gabriela Spanic – Aurora de Montalvo/María del Cielo Montalvo de Durán
  • Saul Lisazo – Marco duran

20. Esperanza (1999)

  • Edith Gonzales – esperanza
  • Fernando Colunga –

21. Amigos x Siempre a.k.a Petualangan Amigos (2000)

  • Tierra cello – Pedro
  • Daniela Lujan – Ana

22. Mis tres Hermanas

  • Scarlet Ortiz – Lisa Estrada Rossi
  • Ricardo Alamo – Santiago Ortega Díaz

23. Ramona (2000)

  • Kate Del  Castillo – Ramona Moreno
  • Eduardo Palomo – Alejandro de Asís

24. Carita de Angel (2000-2001)

  • Daniela Aedo – Dulce Maria Larios Valle
  • Lisette Morelos – Cecilia Santos de Larios
  • Miguel de León – Luciano Larios

25. Betty La Fea (1999-2001)

  • Scarlet Ortiz – Betty
  • Mario Duarte – Nicolas mora

Okay, that a wrap. 25 telenovela that has been stayin’ in my memory.

 

 

Advertisements

9 thoughts on “My top 25 Telenovela

  1. Aku kangeeeeeen bgt pgen nonton telenovela kyk dlu. Aku udh pernah nonton smua dech kayaknya yg admin sebutin tuch novela.tlng sist yg punya info dvd la duena 1995,ngefans bgt ma angelica rivera ma framsisco gattorno

    Like

  2. pengen nonton ulang telenovela mi querida isabel. kangen bgt, ada yang punya rekomendasi nggak beli kasetnya dimana atau download link yang ada indosub nya.

    Like

    • haha iya nih min 😂 ane kelahiran 92, tapi juga kenal telenovela yg diatas wlopun ga semua 😂😂
      ane masih penasaran sama por tu amor, dulu ane ga boleh nonton karna terlalu vulgar dan ga ada sensor ky sekarang yg bikin mata rusak 😂😂
      gara” tuh telenovela ane jadi suka cowok yg lebih tua..wkwkwk *efek ga nonton sinetron alay jaman sekarang 😂😂

      Like

  3. Pingback: How To Dress Like Gloria Swanson - Fashion Dress Keren

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s