Monumen Bom Bali (Ground Zero)

Jl. Legian, Kuta, Bali – salah satu destinasi wisata, terutama bagi para traveler mancanegara untuk sekadar window shopping atau bersenda gurau di banyak kafe yang tersebar di sana. Menjadi terkenal di seantero jagad raya setelah bom yang cukup besar meledak dan meluluhlantakkan dua café (Sari Club dan Paddy’s Cafe) di kawasan tersebut pada 12 Oktober 2002. Peristiwa memilukan ini dikenal dengan nama peristiwa Bom Bali.

Setelah peristiwa Bom Bali yang merenggut 202 korban, baik penduduk lokal maupun wisatawan asing, dibangunlah Monumen yang didedikasikan untuk para korban. Awalnya, Monumen ini dikenal dengan nama Monumen Panca benua, namun lama-kelamaan masyarakat lebih mengenalnya dengan nama Monumen Ground Zero. Di Monumen ini tertulis nama-nama korban Bom Bali.

img_4563

Selama ini, saya hanya mengetahui peristiwa tersebut melalui media online ataupun berita di televisi. Namun kali ini, saya mendengar langsung dari orang terdekat korban. Supir kami, mengisahkan kekasihnya, yang menjadi korban Bom Bali tersebut. Dengan mata berkaca-kaca, beliau menceritakan kembali pahitnya kejadian saat itu.

Semoga tidak ada lagi peristiwa teror di bumi Indonesia, bahkan di dunia sekalipun.

Teror apapun alasannya, tetaplah teror. Tidak ada satupun agama di dunia ini yang membenarkannya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s