Menyambangi Konservasi Penyu Sisik di Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu

dsc00037dsc00036dsc00045

Berawal dari Muara Angke, kami naik perahu menuju Pulau Pramuka. Di pulau ini, kami mengunjungi tempat konservasi penyu.

Kala itu, beberapa penyu dewasa sedang dalam perawatan, ada juga penyu yang mengalami cacat sehingga tidak dapat dilepas lagi ke lautan. Petugas konservasi mengatakan kalau penyu ini tidak akan bisa bertahan hidup jika dilepas ke laut terbuka.

dsc00059

Selain penyu dewasa, disini juga ada banyak bayi-bayi penyu atau biasa disebut tukik. Tukik-tukik ini dipersiapkan untuk nantinya dilepas ke lautan. Mengapa penyu dikonservasi? Karena penyu merupakan salah satu hewan yang terancam punah.

dsc00051

Mendengar penjelasan dari petugas konservasi dan memandangi penyu-penyu yang kian sulit ditemui di lautan ternyata telah memakan waktu cukup lama. Kami pun segera beranjak dan berjalan-jalan di Pulau Pramuka ini.

Pulau Pramuka merupakan pusat administratif (Ibukota) Kabupaten Kepulauan Seribu. Jadi jangan heran jika di pulau ini kita bisa menemukan gedung pemerintahan, sekolah, masjid, rumah makan, serta fasilitas umum lainnya.

dsc00092

Di Pulau Pramuka, kami juga mengunjungi rumah salah satu penjaga taman nasional kepulauan seribu. Bagaimana kami mengenal beliau? Rupanya teman-teman seperjalanan saya ini yang mengenal beliau.

Pembicaraan pun menjadi panjang, terlebih lagi sembari menikmati hidangan seafood. Mulai dari cerita pengalaman beliau sebagai penjaga taman nasional, apa saja yang dikonservasi, kesulitan yang dihadapi, sampai kisah-kisah mistis yang beredar di kepulaun seribu. Semua dibahas habis. Sampai-sampai tak terasa waktu menunjukkan pukul 12 malam.

What a nice visit. Terima kasih sudah menjaga dan mengawasi kelestarian lingkungan di daerah kepulauan seribu ya pak. Respect!

Bagaimana dengan Anda?

Sudahkah menjaga kelestarian lingkungan dengan cara Anda sendiri?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s