Menapaki Lantai Masjid Kubah Mas (Masjid Dian Al Mahri)

Akhirnya, saya bisa menapakkan kaki saya di lantai masjid Kubah Mas. Sejak terdengar gegap gempita pembangunan masjid ini, rasa ingin tahu sudah timbul di dalam diri saya. Kelak, saya pasti akan melihatnya dan merasakan bersujud di masjid yang konon terkenal megah ini.

img_1330

Yang membuat saya bersemangat hari ini, bukan hanya karena Masjid Kubah Mas, tapi karena saya mengunjunginya dengan orang-orang terkasih. Terutama bersama dengan Ibu dan Mbah Putri. Dua sosok wanita terhebat dalam kehidupan saya. Saya sisakan kisah kedua wanita hebat ini untuk diceritakan nanti dalam tulisan tersendiri di blog saya yang lain.

img_1276

Masjid Kubah Mas merupakan nama lain dari Masjid Dian Al-Mahri. Jarak yang harus kita tempuh dari gerbang utama masjid menuju lokasi Masjid terbilang cukup jauh. Terlebih lagi jika kita berjalan kaki. Beruntung bagi saya, karena keluarga kami membawa kendaraan pribadi. Ketidakberuntungan saya adalah saltum alias salah kostum. Maklum saja, kunjungan ke Masjid Kubah Mas merupakan hasil spontanitas.

img_1305

Sebelum mencapai masjid Kubah Mas, ada baiknya mampir sejenak di sebuah gedung yang tampak seperti aula. Gedung ini merupakan tempat berisitirahat, makan, dan minum para pengunjung masjid Kubah mas. Mengingat di dalam masjid, pengunjung tidak diperbolehkan membawa makanan dan minuman. Gedung ini sangat luas dengan pengamanan yang cukup terjaga. Sayangnya, banyak sekali sampah berserakan atau ‘bersembunyi’ di setiap pojokan.

img_1285
img_1289

Lanjut menuju Masjid Kubah Mas. Kami pun memasuki masjid melalui pintu khusus wanita. Harap diingat bahwa tempat masuk ke dalam masjid, terpisah untuk pria dan wanita. Ikuti saja petunjuk yang ada di masjid. Sementara itu, alas kaki, makanan, dan minuman harus dititipkan di tempat penitipan. Jangan coba-coba untuk berpura-pura lupa menitipkannya, karena di pintu masuk ada beberapa wanitapenjaga yang senantiasa mengingatkan dan mengecek pengunjung.

img_1304

Lolos dari pemeriksaan, kami pun akhirnya menapaki lantai masjid Kubah Mas. Entah karena matahari begitu terik atau lantainya yang terbuat dari batu khusus penyerap panas, sehingga lantainya terasa begitu menyengat.

img_1316

Bahkan mbah putri yang biasanya berjalan perlahan dan terkadang harus dituntun, dalam sekejap berlari terbirit-birit menuju dalam masjid. Aksi mbah saya ini membuat kami kalang kabut mengejar beliau karena khawatir dan was-was. Ketika kami semua mengingatkan beliau, dengan santai dan singkat beliau membalas, “panas koh.” Sontak saja kami tertawa saat itu juga, yang langsung terhenti karena di “stttttt…” wanita penjaga masjid. Mbah, mbah, kau telah berhasil membuat kami spot jantung.

Berhubung tidak boleh berfoto di dalam masjid, maka saya memfotonya dari luar saja. Saya pun memaklumi peraturan ini. Demi menjaga kedamaian dan kekhusyuan beribadah. Bukankah itu hakikat dari rumah ibadah? Tidak terkecuali Masjid Kubah Mas ini.

Terbayang oleh saya jikalau tidak ada peraturan tersebut, akan penuhlah masjid dengan pengunjung yang sibuk ber-selfie or ber-wefie ria sebelum dan sesudah beribadah lengkap dengan balutan mukena.

Selesai sholat dan berdoa, kami sedikit mengabadikan momen kami di Masjid yang megah ini sekaligus mengagumi arsitekturnya.

img_1341
img_1321
img_1329img_1351-001
img_1315img_1370

Pernah mengunjungi masjid indah ini? Bagaimana kesan anda saat pertama kali menapakkan kaki di sana?

Leave a Reply

