Posts Tagged With: tangerang selatan

Cara perpanjang masa berlaku SKCK

Back again with me, about SKCK. Setelah proses pembuatan SKCK yang kelihatannya panjang dan ribet itu, bersyukurlah karena untuk perpanjang SKCK, tak perlu seribet itu. Maka dari itu, perhatikan baik-baik tanggal berlaku SKCK kalian, jangan sampai masa berlakunya habis. Kalau lupa dan terlewat masa berlakunya, terpaksa deh, kalian harus mengurusnya seperti saat membuat SKCK baru, walaupun prosesnya tidak sepanjang yang pertama kali.

saya akan coba kupas tuntas di sini, bagaimana caranya memperpanjang SKCK kita.

PERSYARATAN PERPANJANGAN SKCK (Bagi yang masa berlakunya belum habis)

Mudah saja untuk memperpanjangnya. Datang ke Polres, dan siapkan berkas-berkasnya.

Yaitu,

  1. SKCK asli yang masih berlaku (Ingat: masa berlaku SKCK adalah 3 bulan sejak diterbitkannya)
  2. Fotokopi KTP 1 lembar
  3. Fotokopi KK 1 lembar
  4. Foto berwarna berukuran 4 x 6 sebanyak 3 lembar

Kalau sudah lengkap, Klip jadi 1 dan serahkan ke petugas pembuat SKCK di Polres. Tunggu beberapa menit, SKCK pun jadi. Kalau untuk bayar, sama saja seperti membuat untuk pertama kali, 20 rb utk SKCK dan 5 lembar legalisir. Inget ya, SKCK-nya difotokopi sendiri, baru diserahin lagi untuk dilegalisir. hehehe.

PERSYARATAN PERPANJANGAN SKCK (Bagi yang masa berlakunya sudah habis)

Nah, kalau sudah begini. Terpaksa kalian harus meminta surat pengantar lagi dari Kelurahan. Biasanya, kalau untuk perpanjang SKCK, kita tidak perlu lagi meminta pengantar dari RT dan RW (ga tau ya kalo di kelurahan lain, di kelurahan saya sih begitu).

Datang saja langsung ke Kelurahan, bawa fotokopi KTP dan KK, serahkan ke petugas, kemudian dibuatin deh. Bayar sih tetap 15 ribu.  Kalau surat sudah ditangan, langsung cabut menuju Polres, dan siapkan berkas-berkasnya.

Yaitu,

  1. SKCK asli yang sudah tidak berlaku
  2. Surat Pengantar dari Kelurahan
  3. Fotokopi KTP 1 lembar
  4. Fotokopi KK 1 lembar
  5. Foto berwarna berukuran 4 x 6 sebanyak 3 lembar

Kalau sudah lengkap, Klip jadi 1 dan serahkan ke petugas pembuat SKCK di Polres. Tunggu beberapa menit, SKCK pun jadi.

So, mau pilih yang mana??? tunggu masa berlakunya habis, atau… perpanjang sejak dini, alias sebelum habis masa berlakunya. Silakan dipilih sesuai hati nurani.. ^^

Categories: Sekadar Coretan | Tags: , , , , , , , , , | 5 Comments

Membuat SKCK setingkat Polres

SKCK a.k.a Surat Keterangan Catatan Kepolisian

Bikin SKCK? di Polres? siapa takuuut!!!

Bagi kalian yang butuh SKCK setingkat Polres, jangan takut dan ragu untuk membuatnya. Apalagi kalau kalian berhasrat jadi CPNS, atau ingin membuat paspor dan visa ke Luar Negeri, atau untuk kelengkapan melamar pekerjaan, info ini akan sangat berguna buat kalian. Berhubung saya ber-KTP Tangerang Selatan, jadi yang diinfokan di sini khusus untuk warga Tangsel. Eits, tapi jangan khawatir, karena pada dasarnya persyaratannya tidak berbeda. Kecuali mungkin untuk ‘biaya’nya.

Sebelum saya beri tahu kelanjutannya, harap diketahui. Ini penting dan wajib diketahui, agar kalian tidak bolak-balik mengurusnya. Jadi, untuk warga TangSel, Pembuatan SKCK Polres terbagi di 2 wilayah. Bagi Kalian yang tinggal di wilayah berikut ini, jangan sampai salah polres ya…

WILAYAH I

  1. Kecamatan Serpong
  2. Kecamatan Serpong Utara
  3. Kecamatan Setu

Kalian yang KTP-nya termasuk dalam 3 kecamatan di atas, langsung saja menuju Polres Tiga Raksa, Tangerang

WILAYAH II

  1. Kecamatan Pondok Aren
  2. Kecamatan Pamulang
  3. Kecamatan Ciputat
  4. Kecamatan Ciputat Timur

Kalian yang KTP-nya termasuk ke dalam 3 kecamatan di atas, langsung saja menuju Polres Jakarta Selatan. Nah, kalau kalian sudah tahu harus menuju polres yang mana, kalian tinggal siapkan berkas-berkas yang diperlukan.

 PERSYARATAN PEMBUATAN SKCK (Untuk yang baru pertama kali membuat)

  1. Datangi Ketua RT dan minta Surat Pengantar Membuat SKCK. RT akan memberi surat yang sudah ditanda tangan dan dicap.
  2. Datangi Ketua RW, tunjukkan surat pengantar dari RT tadi. Surat itu akan ditanda tangani dan dicap ketua RW.
  3. Ke Kelurahan, buat surat pengantar dari kelurahan. Siapkan:
  • Surat Pengantar RT yang diketahui RW
  • Fotokopi KTP pemohon
  • Bayar 15 ribu (Kelurahan Rempoa), itu si beberapa waktu yang lalu, ga tau ya kalo sekarang dan juga di kelurahan lain. Ada yang mau berbagi info?

4.   Melaju ke Kecamatan. Siapkan:

  • Surat Pengantar dari Kelurahan (Asli dan 1 fotokopi)
  • 2 rangkap Fotokopi KTP pemohon
  • Bayar 10 ribu (Kecamatan Ciputat Timur), itu si beberapa waktu yang lalu, ga tau ya kalo sekarang dan juga di kelurahan lain. Ada yang mau berbagi info?

5.  Melaju ke Polres. Siap-siap untuk antri. Disarankan membuat SKCK di luar musim CPNS. Kalo terpaksa berbarengan dengan musim CPNS, dijamin antrian akan puanjaaaaanng sekali. Siapa cepat dia dapat. Polres pun penuh sesak. Percaya deh (Pengalaman pribadi, hehehe). Siapkan:

  • Surat Pengantar dari Kelurahan yang sudah disahkan Kecamatan.
  • Fotokopi KTP (sediakan 2 rangkap untuk yang belum pernah melaksanakan sidik jari)
  • Fotokopi KK
  • Foto berwarna berukuran 4 x 6 sebanyak 5 lembar (4 lembar utk SKCK, 1 lembar utk pelaksanaan sidik jari)
  • Blanko Isian (minta kepada petugas di loket pembuatan SKCK). Tata cara pengisian disediakan ditempat, termasuk mengenai bentuk wajah, dagu, hidung, telinga, bibir, dll). Jangan lupa mengingat berat badan dan tinggi badan kalian.

Semua berkas sudah siap. Tinggal melaksanakan sidik jari (perhatian: ini hanya untuk orang yang belum pernah satu kalipun membuat SKCK, baik di Polsek maupun di Polres. Sidik jari ini cukup sekali seumur hidup). Pastikan kalian menyiapkan berkas2 dahulu, soalnya kalau sidik jari duluan, dijamin tangan anda kotor belepotan, menghitam sudah sepuluh jari kalian.

Sidik jari dibuat dengan bantuan petugas. Kartu sidik jari kemudian diklip bersama dengan fotokopi KTP dan membayar 10 ribu (ini harga beberapa waktu yang lalu ya). Setelah itu, akan dibuat rumus sidik jari yang kemudian ditulis di blanko isian.

Sudah selesai dengan sidik jari? Lanjut ke loket pembuatan SKCK. Berkas yang tadi disiapkan (Surat Pengantar, FC KTP, FC KK, 4 lembar foto, blanko isian yang sudah ditulis rumus sidik jari) di kli atau di staples jadi satu. (pastikan kalian membawa klip, agar tidak tercecer). Kemudian serahkan ke petugas.

Tunggu hingga anda dipanggil. Jika antrian tidak panjang, anda akan dipanggil begitu SKCK jadi. SKCK diserahkan, dan kita membayar 20 rb. 10 ribu untuk biaya pembuatan SKCK dan 10 ribu untuk legalisir sebanyak 5 lembar.

Ambil SKCK yang sudah jadi, fotokopi 5 lembar (Biasanya ada tempat fotokopi tidak jauh dari TKP). Lalu, berikan fc tersebut ke loket petugas yg melakukan legalisir. Tunggu beberapa menit. Tinggg!!! Jadi deeeeeeeh ^____^

Pfiuuuhh.. berasa panjang dan lama. Kalau hari biasa, dijamin 1 hari selesai. Tidak mengantri pula. Tappiiii, jangan harap kalo musim cpns tiba, bakalan puanjaaang dan luuama. Kita pun harus senantiasa pasang telinga, jangan sampai tidak dengar ketika dipanggil.

TIPS:

  1. Hindari membuat SKCK saat musim cpns
  2. Mulailah dari pagi buta (dimulai dengan menyambangi rumah pak RT)
  3. Siapkan semua berkas yg diperlukan
  4. Pas foto dan Fotokopi berkas yang dibutuhkan, usahakan dilebihkan 2 (buat jaga-jaga seandainya peraturan berubah, sekalian biar tidak mengantri fotokopi di TKP)
  5. Siapkan uang tak terduga, seandainya tarif berubah.
  6. Jangan lupa makan minum ya, biar ga pingsan di jalan, secara perjalanan puanjaaaaaang… hehehe

THAT’S IT! selamat bikin ya…. ga sesulit keliatannya ko…. ^^

Categories: Sekadar Coretan | Tags: , , , , , , , , , , | Leave a comment

Create a free website or blog at WordPress.com. The Adventure Journal Theme.

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 107 other followers

%d bloggers like this: